Minggu, Mei 19, 2024

Bupati Rusma Yul Anwar: Kita Juga Fokus Benahi Kesejahteraan Nelayan

Must read

Pesisir Selatan, dutametro.com -Bupati Rusma Yul Anwar: Kita Juga Fokus Benahi Kesejahteraan Nelayan. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) tetap fokus dalam membenahi persoalan – persoalan untuk mengangkat kesejahteraan bagi masyarakat nelayan di daerah itu.

Perihal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar saat melaksanakan Safari Ramadhan khusus di Masjid Nurul Yaqin Karang Pauh, Nagari Gurun Panjang Selatan Kecamatan Bayang Pesisir Selatan, Rabu (5/4).

“Di sini masyarakat kita kan keseharianya sebagai nelayan.Jadi, ada beberapa program dan bantuan yang bisa diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat nelayan,”kata Bupati.

Safari Ramadhan itu dihadiri Kabag Kesra, Refri, Ketua Baznas Pesisir Selatan, Yose Leonardo, dan Camat Bayang.

Bupati melanjutkan, tapi bantuan tersebut tidak bisa diberikan secara perorangan. Namun bantuan itu hanya bisa diberikan melalui kelompok.

“Untuk itu buatlah proposal dengan minimal jumlah kelompoknya 10 orang dan berikan kepada Dinas Perikanan. Nanti akan ada beberapa bantuan yang bisa diberikan kepada masyarakat nelayan sebagai pemulihan ekonomi,”ujarnya.

“Kalau tidak melalui kelompok pemerintah daerah tidak bisa memberikanya “sambungnya.

Menurutnya, kalau bantuan sudah berkelompok berarti itu sudah milik bersama jadi ada tanggungjawab dan kewajiban untuk jangan keluar dari peruntukan bantuan yang telah diberikan oleh Pemerintah.

“Jadi kalau ada kawan yang berniat salah maka ada yang mengingatkan untuk tidak dijual,”terangnya.

Disamping itu, Bupati menyampaikan, bahwa tahun ini pemerintah kabupaten mengalokasikan Rp38 miliar melalui APBD 2023 untuk membayar iuran BPJS 65 ribu jiwa masyarakat kurang mampu dengan memprioritaskan bagi ibu – ibu hamil agar ada jaminan keselamatan di saat melahirkan. Biaya pengobatan itu ditanggung oleh pemkab Pessel dan bisa digunakan dimana saja.

“Karena ini awal tentu semuanya (tidak mampu) belum terdata maka masukan ke pada petugas pekerja sosial masyarakat (PSM). Nanti petugas yang akan mengimput data yang diberikan itu,”kata dia.

“InsyaAllah tahun 2024 nanti ibuk – ibuk kalau berobat hanya memakai KTP dengan catatan Kartu Tanda Penduduk Kabupaten Pesisir Selatan,”ucapnya lagi.

Dalam agenda Safari Ramadhan itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Yaqin sebesar Rp20 juta rupiah. Sekaligus membagikan kartu BPJS pada masyarakat yang tidak mampu. Mc

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article