Minggu, Juli 21, 2024

TMMD di Tutup, Bupati Eka Putra Sampaikan Apresiasi dan Ucapan Terimakasih

More articles

Batusangkar, – Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar beserta masyarakat melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 tahun 2024 untuk membangun nagari. Kegiatan yang dilaksanakan sebulan tersebut berjalan sukses.

Hal tersebut disampaikan Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke 120 saat upacara penutupan dipimpin Komandan Resor Militer (Danrem) 032 Wirbraja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo di lapangan Amphibi kecamatan Sungai Tarab, Jumat (7/6/2024).

Dandim Agus Priyo Pujo Sumedi melaporkan, TMMD bertujuan membantu Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memantapkan kemanunggalan TNI guna menciptakan suasana yang kondusif hingga terwujud stabilitas keamanan yang mantap.

“Dalam pelaksanaan TMMD yang dilaksanakan di Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab dengan menurunkan 150 orang prajurit dan 40 orang masyarakat ada beberapa sasaran fisik dan non fisik yang dilaksanakan, dan semua berjalan sukses dan lancar,” sampainya.

Adapun sasaran fisik, ungkap Pujo, pembukaan jalan baru sepanjang 4.460 meter dengan lebar 6 meter, kemudian pembuatan gorong-gorong baja 4 titik dan rehab 5 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Sedangkan kegiatan non fisik yaitu penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, penyuluhan hukum dan Kamtibmas, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan KB dan kesehatan, penyuluhan stunting, penyuluhan Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Dansatgas menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 8 Mei 2024 sampai 6 Juni 2024 dilaksanakan dengan anggaran APBD Kabupaten Tanah Datar dan dari Markas Besar (Mabes) TNI.

“Semoga kegiatan ini dilaksanakan dengan anggaran APBD Kabupaten Tanah Datar sebesar Rp 1 miliar dan dari Mabes TNI Rp 474,5 Juta ini bisa dimanfaatkan maksimal untuk kesejahteraan masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Inspektur upacara Dandrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Wahyu Eko Purnomo membacakan sambutan Panglima Kodam 1 Bukit Barisan menyampaikan, TMMD merupakan program kolaborasi Pemda dengan TNI untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini dalam rangka memperbaiki infrastruktur dan kesejahteraan rakyat dengan mengakselerasi program pemerintah daerah bersama TNI. Dan TMMD tahun 2024 di seluruh jajaran Kodam 1 Bukit Barisan dilaksanakan oleh 6 Satgas, salah satunya di Kodim 0307 Tanah Datar,” sampainya.

Danrem menambahkan, tema TMMD Ke-120 yaitu Dharma Bakti TMMD mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah, yakni bersatu padunya semua komponen bangsa yang terkoordinasi dan terkoordinir yang dilaksanakan secara bahu-bahu dan gotong royong.

“Khusus di wilayah Tanah Datar TMMD ke 120 dilaksanakan bersama-sama bahu membahu selama satu bulan melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan hingga selesai dengan aman dan lancar serta hasilnya dapat dirasakan bersama untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sampainya.

Terakhir ia menyampaikan Terima kasih kepada semuah pihak yang telah ikut menyukseskan kegiatan sampai selesai.

“Ke depannya mari pelihara semangat kebersamaan, persatuan dan budaya gotong royong agar kemanunggalan TNI rakyat selalu terjaga dan terbina. Dan tentunya juga untuk menjaga fasilitas yang dibangun,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI yang telah sukses melaksanakan TMMD Ke-120 di Tanah Datar, di Nagari Koto tuo kecamatan Sungai Tarab selama 1 bulan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran TNI mulai dari tingkat markas besar atau pusat juga sampai ke tingkat Koramil atau Kodim 0307 yang telah menetapkan Kabupaten Tanah Datar sebagai salah satu lokasi kegiatan TMMD Ke-120 tahun 2024, dan juga kepada Bapak Gubernur dan jajaran, Semen Padang, BUMN dan BUMD, masyarakat dan kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan manunggal ini,” sampainya.

Dikatakan Bupati, ditengah musibah yang melanda wilayah Tanah Datar, TNI melalui program TMMD nya terus bekerja dan membangun nagari, sehingga apa yang direncanakan berjalan sukses dan diselesaikan dengan baik.

“Banyak program fisik dan non fisik yang dilaksanakan, dan Saya sudah turun melihatnya, ada pembangunan RTLH, gorong-gorong bahkan jalan baru. Insya Allah jalan baru ini ke depan akan kita tingkatkan sehingga bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya,” kata Eka.

Terakhir Bupati Eka Putra atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat juga menyampaikan permohonan maaf apabila selama melaksanakan kegiatan ada kekurangan dan kesalahan.

Kegiatan yang turut hadir Gubernur Sumbar diwakili Asisten, Forkopimda, pimpinan OPD, pimpinan BUMN dan BUMD, Camat dan Wali Nagari se kecamatan Sungai Tarab dan undangan lainnya dilanjutkan dengan penyerahan kunci RTLH yang selesai di rehab. Dayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest