Senin, April 15, 2024

KPU Kabupaten Solok Selatan Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024

Must read

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan menggelar Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024, di Hotel Pesona Alam Sangir, Jum’at (7/10/2022).

KPU Solok Selatan menghadirkan seluruh pengurus partai politik, LSM, Ormas, Universitas, OPD terkait, LKAAM, Kamenag, MKKS Se Solok Selatan, Bawaslu, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan awak media.

Ketua KPU Solok Selatan Nila Puspita dalam sambutanya menyampaikan, Kegiatan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 ini berdasarkan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2018 tentang sosialisasi pendidikan pemilih dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu.

Tahapan Pemilu sama dengan tahun sebelumnya. Yang sudah dilaksanakan penyusunan regulasi, pendaftaran Parpol dari 1-14 Agustus 2022. Dan verifikasi administrasi Parpol dan sudah mendapatkan hasilnya dan masuk dalam massa perbaikan sedang berjalan.

Sebagai tambahan informasi, KPU RI telah menerbitkan Keputusan Nomor 194 Tahun 2022 tentang Penetapan Jumlah Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta Jumlah Penduduk Kabupaten/Kota di Setiap Provinsi sebagai Pemenuhan Persyaratan Kepengurusan dan Keanggotaan Partai Politik.

Keputusan terebut di buat untuk menghitung pengurus parpol di semua provinsi. Pengurus parpol pada 75 persen kabupaten/kota di semua provinsi, pengurus parpol 50 persen kecamatan pada 75 persen kabupaten/kota dan jumlah anggota 1.000 atau 1/1.000 pada 75 persen kabupaten/kota pada semua provinsi.

Bupati Solok Selatan yang diwakili Staf Ahli Amdani dalam arahanya mengatakan, Pemilu itu adalah pesta nasioan lima tahunan, penerintah berharap bisa mentaati semua tahapan tahapan pelaksanaan pemilu.

Saat ini sedang dilaksanakan tahapan tahapan pemilu diantaranya terkait dengan peraturan, kemudian lakukan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pemilu, lakukan pemuktahiran data, penyesuaian data pemilih, pelaksanaan pendaftaran peserta pemilu, penetapan peserta pemilu terhadap partai politik yang lolos verifikasi.

“Jangan sampai terjadi pelanggaran pelanggaran pemliu, karena keleliruan dari penyelenggara pemilu sangat besar dampaknya bagi kita semua, semuanya haris lakukan sesuai prosedur,” imbaunya. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article