Sabtu, April 20, 2024

Ibu Guru Utama bagi Balita

Must read

Padang Panjang,dutametro.com.— Ibu Guru Utama bagi Balita.Usia anak di bawah lima tahun (balita) merupakan masa yang paling menentukan perkembangan kepribadian manusia selanjutnya. Oleh karena itu, orang tua terutama ibu, sangat berperan sebagai pendidik utama bagi balita.

Hal tersebut disampaikan Dedy Agustanto, S.Kom, M.Pd.T narasumber pada kegiatan Fasilitasi Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB HI), Selasa,(7/3) di Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

Dikatakannya lagi, umur dan kemampuan anak penting diperhatikan dalam pembinaan tumbuh kembang balita. Pembinaan tumbuh kembang balita dilakukan secara terus menerus dan menyeluruh. “Ini merupakan prinsip dasar BKB,” sebutnya.

Penata Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Ahli Muda Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat tersebut juga menjelaskan dua faktor yang memengaruhi perkembangan anak. Pertama faktor dari anak itu sendiri. Seperti keturunan, kecerdasan, keadaan kelenjar dan zat dalam tubuh, serta emosi dan temperamen tertentu.

Kemudian faktor dari luar, yakni keluarga, pemeliharaan gizi, budaya setempat, lingkungan bermain dan sekolah. “Peran ibu dan keluarga amat menentukan. Kemudian sikap dan kebijaksanaan keluarga berpengaruh pada perkembangan kepribadian,” ujarnya.

Dengan memahami prinsip dasar BKB, lanjut Dedy, kader BKB hendaknya bisa memberikan penyuluhan sesuai materi yang telah ditentukan secara optimal. Dedy menekankan pentingnya setiap posyandu kelurahan memiliki kader BKB.

“Setiap kader membuat grup WA masing-masing sasaran untuk optimalisasi kegiatan dan informasi. Download aplikasi KKA Online BKKBN di PlayStore,” tuturnya.
kepada peserta penyuluhan yang merupakan kader BKB dari Kelurahan Koto Panjang, Balai-Balai dan Tanah Hitam itu. (harris)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article