Jumat, April 19, 2024

Warga Negara Frences Yang Mengalami Mati Mesin Di Samudera Indonesia Ditemukan SAR Gabungan Mentawai

Must read

Kapal layar Warga Negara Frances yang mengalami mati mesin di sekitar Perairan Samudera Indonesia ditemukan Tim SAR Gabungan Mentawai di sekitar Perairan Pulau Siopa Sabeu, Kecamatan Sikakap, Sabtu (8/10/2022).

Diatas kapal layar tersebut terdapat satu orang Warga Negara Frances bernama Greffier Didier, berumur 64 tahun dengan jenis kelamin laki-laki.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Orang SAR Mentawai, Akmal S.Sos, mengatakan, hari ini Sabtu (8/10), Waktu ditemukan Survivor Greffier Didier (64), Jenis Kelamin Laki-laki, dalam
Kondisi Selamat dan Sehat, Greffier Didier merupakan Warga Negara Frances.

info yang didapat SAR Mentawai dari BCC melalui Via Email telah terjadi kecelakaan mati mesin di Sekitar Samudera Indonesia Minggu (5/10) sekitar pukul 23.40 wib, telah terjadi kecelakaan mati mesin kapal layar dengan merek lambung Wahana berbendera France dengan tujuan Thailand.

Berdasarkan informasi tersebut Tim SAR Gabungan Mentawai dengan mengunakan Kapal KN SAR Ramawijaya 240 langsung menuju kelokasi tempat kecelakaan kapal layar mati mesin tersebut.

Karena cuaca waktu pencarian tidak bersahabat dengan kecepatan angin 2 Knots sampai 18 knots, dengan tinggi gelombang 2,5 meter sampai 4 meter membuat penghalang pencarian, dan pencarian dihentikan sementara dan dilanjutkan dengan pemantauan.

Jumat (7/10) Tim SAR Gabungan dengan mengunakan RIB 02 Mentawai menuju dermaga Sikakap, Kecamatan Sikakap untuk merencanakan Intercept atau pencarian dengan cara maju terus.

Sabtu (8/10),Pukul 04.00 wib Tim SAR Gabungan bergerak dari Dermaga Sikakap untuk melanjutkan pencarian Survivor, waktu pencarian Sabtu (8/10), cuaca berawan, Kecepatan Angin 2 Knots sampai 6 Knots, dengan Tinggi Gelombang 0,5 meter sampai 1,25 meter.

Pukul 06.45 wib Tim SAR Gabungan Menemukan Survivor disekitar perairan Pagai Selatan dengan Perairan Pagai Utara pada koordinat : 2° 55`6″ S – 100°6’2″ E dengan jarak 10.8 NM Radial 218° Garis lurus dari dermaga Sikakap dan langsung membawa ke Dermaga Sikakap.

Tim SAR Gabungan dan Survivor tiba di Dermaga Sikakap pukul 09.10 wib, sesampai di dermaga Sikakap Survivor diberikan bantuan logistik berupa permakanan, vitamin, air mineral dan Bahan Bakat Mesin (BBM) Survivor langsung di koordinasikan dengan Instansi Terkait, setelah di beri bantuan termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM) Survivor Greffier Didier melanjutkan perjalanan dengan kapal layar merek lambung Wahana ke Thailand.

Survivor sudah ditemukan maka Operasi SAR diusulkan ditutup semua unsur kembali kesatuan masing masing dengan ucapan terimakasih.

Alut Yang Digunakan waktu pencarian 1. RIB 02 Mentawai, 2. SMC Vehicle, 3. Truk Personil. 4. Rescue Dymax. 5.ALKOM, 6.ALBANAV, 7. HP SATELIT, 8.Senter Infrared, 9. PAK Evakuasi dan Medis.

Unsur Terlibat dalam Operasi SAR, 1.BCC, 2.KANTOR SAR MENTAWAI, 3.TNI/POLRI, 4.BPBD, 5.Forkopimcam Sikakap, 6.TAGANA, 7.NGO/LSM, 8. SROP, 9. KUPP SIOBAN, 9. Pihak Keluarga, 10.Masyarakat, Tuturnya.sl

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article