Minggu, Februari 25, 2024

Warung NKRI Digital dan Media Guetilang Bakal Gelar Pelatihan Citizen Journalism

Must read

dutametro.com.-Untuk menjaga eksistensi 37 Warung NKRI Digital pasca diresmikan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme – BNPT Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si pada Rabu, (7/2/2024) di Desa Kahuman, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Warung NKRI Digital bekerjasama dengan Media Guetilang bakal menggelar pelatihan pers di berbagai lokasi dengan tema : “Peran Citizen Journalism dalam Mempromosikan Potensi Daerah di Media Online.”

Pelaksanaan pelatihan pers ini digagas Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi -KPTIK menggandeng media Guetilang untuk menjadikan lokasi usaha Warung NKRI Digital sebagai pusat pengelolaan informasi digital di pedesaan yang terdapat Warung NKRI Digital.

Pelatihan Citizen Journalism sebelumnya sudah sempat diujicoba saat pra launching di Warung NKRI Digital Pawon Ndeso baru-baru ini. Setelah resmi diluncurkan akan menjadi salah satu program prioritas di seluruh Warung NKRI Digital, dan Desa Kahuman akan kemabi menjadi yang pertama dilaksanakan secara resmi.

Pihak Pemerintah Kecamatan Polanharjo dan Pemerintah Desa Kahuman menyambut baik rencana pelatihan pers di wilayah pemerintahannya. Program pelatihan Citizen Jurnalism ini dikhususkan bagi Anggota Karang Taruna, Calon dan Purna PMI, Anggota Bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta staf Pemerintah Kecamatan dan Desa setempat.

Tujuan pelatihan pers ini agar Warung NKRI Digital juga menjadi pusat kegiatan pembinaan bagi warga dan aparat di pedesaan agar dapat berkolaborasi menjalankan praktek jurnalistik secara baik dan benar, dan mampu berperan aktif menulis berita promosi potensi yang dimiliki daerahnya tang selama ini tidak tersentuh pemberitaan media.

Peserta akan dilatih kemampuan meliput dan menulis berita tentang kegiatan di pedesaan, potensi wisata desa, dan promosi komoditas dan seluruh potensi lainnya yang dimiliki desa dan menyiapkan sarana publikasi di media online guetilang.

“Kami siap memfasilitasi seluruh desa yang ada di Kecamatan Polaharjo untuk mengikuti pelatihan ini. Karena sesudah Warung NKRI Digital diresmikan di tempat kami ini, kami berharap ada tindaklanjut kegiatan yang berkelanjutan,” ujar Camat Polanharjo Joko Handoyo Hs, S.Stp, M.Si usai peresmian Warung NKRI Digital di Desa Kahuman, Klaten pada Rabu, (7/2/2024).

Sementara Kepala Desa Kahuman Ida Andung Prihatin, S.Pd yang mendampingi Camat Polahrjo usai kegiatan peluncuran warung NKRI Digital, turut mendukung rencana pelatihan pers oleh Guetilang di Warung NKRI Digital Pawon Ndeso, Desa Kahuman. “Kami sangat mengapresiasi jika ada program pelatihan seperti ini sehingga potensi desa kami bisa dipromosi keluar,” ujar Ida. (***)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article