Jumat, April 19, 2024

Alirman Sori Bahas Perempuan di Kancah Politik Saat Kuliah Umum di Unand

Must read

PADANG,dutametro.com.–Alirman Sori Bahas Perempuan di Kancah Politik Saat Kuliah Umum di Unand.Anggota DPD RI Dapil Sumbar Alirman Sori memberikan kuliah umum kepada 185 mahasiswa Departemen Komunikasi Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Andalas (Unand) dengan tema11, “Perempuan di Kancah Politik”, Kamis (9/3/2023), di gedung PKM Unand, Limau Manis Padang

Alirman Sori menenggarai, representasi perempuan dalam bidang politik dipersepsikan masih jauh dari harapan. Perempuan yang terjun dalam kancah perpolitikan masih terbelenggu, terkurung dan terkungkung terhadap pemikiran adanya perbedaan gender. Idealnya perempuan tidak lagi terpasung dalam kegelapan intelektual.

“Tugas dan tanggung jawab seorang perempuan bukanlah sekedar menjadi pelengkap isi rumah tangga, namun harus bisa mempersoalkan dengan pemikiran-pemikran cerdas untuk berperan aktif mengawal dan menggiring arah kemajuan bangsa dan negaranya. Jangan hanya menjadi penonton tapi ikut berkontribusi,” sebut mantan wartawan Harian Singgalang ini.

Diakui oleh mantan Ketua DPRD Pesisir Selatan ini bahwa saat ini partisipasi perempuan Indonesia pencapaiannya masih di bawah 30%. Pentingnya peningkatan partisipasi perempuan supaya mendorong pengambilan keputusan politik yang lebih akomodatif dan substansial.

Rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen tentunya banyak berpengaruh terhadap bebagai isu terkait kebijakan menyangkut kesetaraan gender dan belum mampu merespons masalah utama yang dihadapi oleh kaum perempuan.

“Terdapat dua hal klasik dan fenomenal menyoal perempuan dalam kancah dunia perpolitikan. Pertama masalah keterwakilan perempuan yang sangat rendah hadir di ruang publik untuk mengisi berbagai jabatan strategis baik dipemerintahan atau BUMN. Kedua, masih belum muncul adanya platform partai yang secara nyata mengakomodir dan membela kepentingan kaum perempuan,” papar politisi bersahaja ini.

Untuk itu, lanjutnya, perlu diwanti-wanti jangan sampai rapuh ketahanan perempuan. Perempuan Indonesia itu intelektualitas yang bagus, hanya saja ke depannya harus terampil membangun dan memperkokoh rasa percaya diri.

Di penghujung kegiatan, Alirman Sori kepada mahasiswa ilmu komunikasi yang tengah mengikuti mata kuliah Komunikasi Politik mengingatkan para mahasiswi untuk lebih meningkatkan kepekaan dan sensitivitasnya terhadap hak-hak perempuan dan diharapkan mampu menjadi pemikir dan komunikator politik yang mumpuni.

Sementara itu, M.A. Dalmenda selaku fasilitator kuliah umum sekaligus pengampu mata kuliah komunikasi politik mengakui, kehadiran politisi senator Alirman Sori memberikan spirit baru untuk bisa mengedukasi para mahasiswi agar melek terhadap persoalan politik. Dengan hadirnya politisi yang juga akademisi memberikan edukasi akan lebih mampu mewarnai cara pandang mahasiswa terutama kaum perempuan memahami politik.

(Rel/dpa)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article