Jumat, April 19, 2024

Kajari Pulpis Partisipasi Dalam Panen Padi Nusantara di Kawasan Food Estate, Beserta Wagub Kalteng dan Forkopimda

Must read

Pulang Pisau,dutametro.com.-Kajari Pulpis Partisipasi Dalam Panen Padi Nusantara di Kawasan Food Estate, Beserta Wagub Kalteng dan Forkopimda.Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau mengelar kegiatan Panen Padi Nusantara di Kawasan Food Estate tepatnya di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis,09/3/2023.

Kegiatan Panen Padi Nusantara tersebut dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional, serta merupakan bagian dari Panen serentak yang digelar di 105 Kabupaten/Kota yang tersebar di 27 Provinsi.

Kegiatan tersebut dihadiri Oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah H. Edy Pratowo, Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang, Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi, S.H.,M.H., Ketua DPRD Ahmad Rifai, S.Kom., Sekretaris Daerah Tony Harisinta,S.E., M.Si., Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono, S.I.K.
Kepala Dinas Pertanian dan para Kepala OPD Pemkab Pulang Pisau.

Acara dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo yang menyampaikan dukungan penuh terhadap pengembangan Food Estate di Kalteng.

Wagub Edy juga menyampaikan bahwa sebagai bentuk komitmen atas dukungan tehadap Food Estate, Pemprov. Kalteng juga akan memberikan perhatian mulai dari sektor hulu sampai hilir.

Tentunya Hal tersebut berwujud berupa penanganan dalam mulai dari tahapan penanganan panen, pasca panen, pengolahan hasil dan pemasaran . Selanjutnya, rencana pembangunan sarana Rice Milling Plant (RMP, Silo dan Rice to Rice (RtR) di Kabupaten Pulang Pisau dan Kotawaringin Timur pada tahun 2023.

Selanjutnya, Pemprov juga mendukung dengan membangun RMP, dengan harapan Padi tersebut bisa masuk di packaging dengan baik dan tentunya diharapkan mampu bersaing dengan baik di Pasaran.

Kegiatan diikuti dengan Penyerahan bantuan oleh Wakil Gubernur kepada beberapa Kelompok Tani di Kabupaten Pulang Pisau dan Kegiatan diakhiri dengan Panen Bersama oleh Wakil Gubernur berserta Forkompimda Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara itu Kajari Pulang Pisau Dr Priyambudi ,S.H.,M.H mengungkapkan bahwa guna mendukung keberhasilan program Food Estate, Kejaksaan Negeri Pulang Pisau melalui fungsi pengamanan yang ada di bidang Intelijen dan fungsi pendampingan yang ada di bidang Datun, telah meluncurkan Program Desa dan Mitra Binaan di lokasi Food Estate yakni di Desa Tahai Baru.

Program tersebut pada pertengahan tahun 2021 diresmikan bersama oleh Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr. Priyambudi, S.H.,M.H., Bupati Pulang Pisau saat itu H. Edy Pratowo beserta Wakil Bupati saat itu Pudjirustaty Narang.

Program tersebut ditindaklanjuti dengan berbagai program kegiatan Bersama dengan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Perindagkop UMKM, Peat Techno Park Universitas Palangka Raya dan Balai Mekanisasi Pertanian Balitbang Kementan RI.

Program-program yang telah dilaksanakan antara lain memberikan bantuan-bantuan kepada petani pelaku Food Estate, penerangan hukum tentang pengelolaan Alsintan beserta pelatihan perbengkelan, penyuluhan pertanian dan perikanan, dan program-program lainnya.

“Itu semua sebagai wujud kepedulian Kejaksaan dan peran nyata dukungan Kejaksaan untuk ikut menyukseskan Program Pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, pemulihan ekonomi, ketahanan pangan serta pengendalian inflasi” tutup Priyambudi.( RD)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article