Minggu, Desember 10, 2023

Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Solsel Gencarkan Vaksinasi Rabies

Must read

Solsel,dutametro.com. – Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Solsel Gencarkan Vaksinasi Rabies.Memperingati Hari Rabies Sedunia alias World Rabies Day (WRD) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Solok Selatan memberikan pelayanan vaksin rabies untuk hewan kecil dan edukasi seputar rabies kepada siswa SD dan SMP.

Aksi sadar rabies ini dibuka oleh Bupati Solok Selatan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Dr. H. Syamsurizaldi. Adapun layanan yang diberikan melalui Dinas Pertanian, Ketahanan pangan dan Perikanan adalah vaksin rabies dan konsultasi tentang hewan peliharaan.

Syamsurizaldi mengatakan bahwa kegiatan ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dan tetap laksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama kepada anak-anak sekolah setingkat SD dan SMP.

“Virus rabies adalah merupakan penyakit zoonosis yang dapat menular ke manusia sehingga menyebabkan kematian,” kata Syamsurizaldi saat membuka kegiatan ini di RTH Muara Labuh, Sabtu (07/10/2023).

Sementara Kepala DPKPP drh. Nurhayati menyebut rangkaian pelaksanaan kegiatan WRD ini sudah dimulai sejak September lalu. Dimulai dengan melaksanakan aksi yang sama pada beberapa lokasi di Kabupaten Solok Selatan. Selain itu juga diadakan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) di Sekolah setingkat SD.

“Diharapkan dengan semakin gencarnya pelaksanaan vaksinasi ini dapat mengurangi kasus gigitan oleh Hewan Penular Rabies (HPR) kepada manusia,” ungkap Nurhayati.

Menurut da,ta DPKPP sampai dengan September 2023, sudah terdapat sekitar 180 kasus gigitan hewan yang tersebar di seluruh kecamatan.

Aksi rabies ini adalah bentuk bakti insan peternakan terhadap kesehatan masyarakat dunia, sesuai dengan komitmen dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, hari puncak peringatan WRD dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan aksi vaksinasi Hewan Pembawa Rabies (HPR) secara Massal dan serentak seluruh Indonesia pada tanggal 7 Oktober 2023.

Peringatan Hari Rabies Sedunia mengusung tema Satu Kesehatan untuk Semua “All for 1, One Health for All”. Tema ini membawa pesan pelibatan semua menuju satu tujuan, satu kesehatan untuk terbebas rabies. (Med)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article