Sabtu, Februari 24, 2024

Peluncuran Iven Car Free Day Bakal Dimeriahkan Agenda Balanjuang Bersama Gubernur

Must read

Padang, Dutametro.com – Peluncuran Iven Car Free Day Bakal Dimeriahkan Agenda Balanjuang Bersama Gubernur.Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) akan memulai kembali iven mingguan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) 2024 pada Minggu 21 Januari 2024 mendatang. Mengusung tema Ayo Urang Awak Baolahraga, peluncuran secara resmi HBKB 2024 nantinya akan dimeriahkan dengan iven Balanjuang Bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi Asharullah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumbar, Maifrizon, saat rapat persiapan Peluncuran atau Launching Car Free Day Sumbar 2024 di Auditorium Gubernuran, Rabu (10/12/2023). Pemprov Sumbar mengimbau seluruh masyarakat kembali meramaikan iven yang akan digelar di sepanjang Jalan Rasuna Said, Jalan Jenderal Sudirman, dan Kompleks GOR H. Agus Salim, Rimbo Kaluang, Kota Padang tersebut.

“Iven CFD atau HBKB ini memang kita liburkan pada dua hari Minggu pertama tahun ini, tanggal 7 Januari dan 14 Januari mendatang, karena kita perlu mengevaluasi pelaksanaan CFD di sepanjang 2023. Oleh karena itu, karena akan dimulai kembali pada hari Minggu ketiga tanggal 21 Januari nanti, maka Pemprov Sumbar merasa penting untuk menggelar peluncuran secara resmi, agar masyarakat kembali ingat dan kembali berpartisipasi di CFD setiap hari Minggu,” kata Maifrizon.

Kadispora juga menyebutkan, bahwa HBKB atau CFD telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat Sumbar, karena selain menjadi ajang untuk berolahraga bersama agar semakin sehat dan bugar, ajang ini juga terbukti sangat diperlukan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produk masing-masing, terutama sekali oleh kalangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Hal yang spesial dari peluncuran HBKB 2024 tanggal 21 Januari nanti, kita juga akan menggelar iven Balanjuang Bersama Gubernur Sumbar, di mana nanti kita bisa makan bersama dengan Bapak Gubernur. Iven ini nantinya akan melibatkan banyak Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Sumbar,” ucapnya lagi.

Sepanjang pelaksanaan HBKB atau CFD 2023, kata Maifrizon, antusiasme masyarakat terbukti sangat tinggi. Terbukti, tak kurang dari 6 hingga 8 ribu orang aktif meramaikan iven tersebut setiap pekannya. Sebab, selain berolahraga, masyarakat juga datang ke arena HBKB untuk menikmati kuliner, membeli berbagai kebutuhan, hingga menjadi ajang unjuk gigi oleh berbagai komunitas kreatif di Sumbar.

“Terbukti, HBKB ini juga menjadi salah satu penggerak ekonomi yang efektif. Oleh karena itu kami mengundang seluruh warga, untuk terus meramaikan HBKB Sumbar 2024 setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Untuk aspek keaman dan kenyamanan, kita terus bekerja sama dengan rekan-rekan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, serta Dinas Kesehatan,” ucapnya menutup.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dispora Sumbar, Rasyidi Sumetry mengatakan bahwa peluncuran HBKB atau CFD 2024 nantinya juga dilengkapi dengan posko layanan kesehatan gratis, klinik pelatihan, pusat aktivitas anak anak (multilateral), berbagai acara kesenian, sentra produk UMKM, sentra kuliner sehat, dan lain sebagainya. (adpsb/cen)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article