Dasawisma Mawar 1 Jorong Bukit Barisan di Verifikasi Lapangan

oleh -121 Dilihat

Tanah Datar, Dutametro – Ketua Kelompok Dasawisma Mawar I Jorong Bukit Barisan Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar dikunjungi Tim Verifikasi Lapangan Lomba Ketua Kelompok Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Tahun 2022.

Tim penilai yang langsung dipimpin Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny. Hj. Harneli Mahyeldi disambut Bupati Tanah Datar Eka Putra, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, anggota DPRD Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari serta kader PKK Kabupaten dan Nagari, Rabu (9/2/2022) di Jorong Bukit Barisan.

Ny. Harneli mengatakan, kunjungan tim verifikasi sebagai langkah memperoleh data nyata terhadap berbagai usaha dan kegiatan yang dilaksanakan TP PKK terutama Dasawisma.

“Tahun 2022 ini, ada 6 kategori Kabupaten dan 5 kategori Kota dalam lomba Ketua Dasawisma berprestasi, dan Ketua Dasawisma Mawar I ini sudah mampu berada di posisi 6 besar dan berhak dikunjungi oleh tim verifikasi,” katanya.

Dikatakan Harneli, penilaian telah diawali dengan temu Ketua Dasawisma Beprestasi se Sumbar pada 2 Februari 2022 di Padang. “Rangkaian penilaian yang harus dilalui agar sampai ke tahap ini adalah, penilaian laporan kegiatan dasawisma, penilaian tertulis kompetensi dasar ketua dasawisma serta penilaian ekspos masing-masing ketua dasawisma,” ungkap Harneli yang akrab disapa Umi Neli.

Ditambahkan Umi Neli, bagi ketua Dasawisma yang mampu menjadi juara, akan dinobatkan menjadi duta Dasawisma Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2022. “Pemenang akan dinobatkan jadi Duta Dasawisma pada Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma atau Bulan Bhakti Gotong Royong Tingkat Sumbar yang Insya Allah bakal dilaksanakan 9 Maret 2022 di Kabupaten Dharmasraya,” ujarnya.

Diungkapkan Umi Neli lagi, Dasawisma sebagai ujung tombak PKK memiliki peran strategis mewujudkan ketahanan keluarga sejahtera yang melahirkan generasi muda tangguh untuk Indonesia Maju.

“Kegiatan kader Dasawisma adalah kegiatan kemasyarakatan yang amat mulia, menyangkut upaya pendataan yang objektif dan menggerakkan pelaksanaan kegiatan 10 Program Pokok PKK di lapangan.

“Terima kasih kader PKK dan Kader Dasawisma yang melaksanakan perannya dengan baik. Ke depan Dasawisma selalu pro aktif menggugah masyarakat berinovasi sesuai perkembangan zaman, bukan hanya ajang arisan dan pengajian semata,” tukasnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan ucapan selamat datang kepada Umi Neli beserta tim penilai.

“Alhamdulillah, Dasawisma Mawar 1 Jorong Bukit Barisan Nagari Tigo Jangko ini menjadi 6 nominasi untuk menjadi terbaik tingkat Sumbar. Terima kasih atas kunjungan ini, semoga ini menjadi semangat dan motivasi bagi kami untuk lebih baik ke depannya,” katanya.

Dikatakan Eka lagi, ia juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras Kelompok Dasa Wisma Mawar 1, TP PKK Nagari, TP PKK Kecamatan dan TP PKK Kabupaten dan masyarakat lainnya atas dukungan untuk menyukseskan kegiatan ini.

“Tentunya prestasi ini tidak lepas dari kerjasama dan dukungan semua pihak, khususnya kader Dasawisma dan Kader PKK yang telah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya. Terima kasih atas kerja kerasnya dan semoga kita mampu menjadi yang terbaik,” sampai Eka.

Kelompok Dasawisma Mawar 1 ini, tambah Bupati, memiliki banyak inovasi dan kegiatan yang menarik perhatian.

“Ada program Sedekah Seribu Sehari, Satu Rumah Satu Hafiz, pemasaran produk UP2K dengan sistem Online, Pembibitan Tanaman dalam Sak Telur, Tanaman Buah dan Sayur dengan Media Limbah, Kandang Ayam Kelompok, Wajib Ada Pohon Jengkol, Bayi Lulus ASI Eklusif dan Penimbangan dalam rangka mencegah stunting,” terang Eka.

Kemudian Bupati juga mengatakan, kegiatan penilaian yang dilaksanakan sebagai salah satu tolak ukur dalam melihat keberhasilan pelaksanaan kegiatan oleh seluruh kader, mulai dari kader Kabupaten sampai kader di nagari.

“Saya berharap penilaian ini menjadi evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan inovatif, baik dari segi administrasi ataupun pelaksanaannya di tengah masyarakat,” pungkas Eka.

Pada kesempatan yang sama Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan kehadiran TP PKK dan Kelompok-kelompok dasawisma sangat membantu program pemerintah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengentaskan kemiskinan.

“Kelompok-kelompok dasawisma yang beranggotakan 10 hingga 20 orang baik kelompok bapak-bapak maupun ibuk-ibuk ini bisa aktif memanfaatkan pekarangan untuk berbagai kegiatan yang dapat menunjang ekonomi keluarga, sehingga akan dapat meringankan kebutuhan rumah tangga,“ ucapnya.

Dikatakan Ny. Lise Eka Putra kelompok-kelompok dasawisma dan berbagai program TP PKK juga sebagai upaya pemenuhan gizi masyarakat, menjaga kesehatan dan mencegah stunting. “Saya berharap kelompok-kelompok dasawisma yang ada di Tanah Datar terus meningkatkan peranannya dan itu perlu dukungan kita bersama,”harapnya.

Selepas acara resmi, kegiatan yang turut dihadiri Ketua TP PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra, anggota DPRD Sumbar Jefri Masrul, dan Kepala OPD se Tanah Datar dilanjutkan paparan dari Ketua Kelompok Dasawisma Mawar 1 Novita Sari Mustafa Kamal dan kunjungan lapangan tim verifikasi ke kelompok dasawisma mawar 1. (Prokopim/mnh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.