Pemkab Solok Selatan dan Tim Unand Lakukan Evaluasi Nagari Tageh Pada Sub Unit Kegiatan Peternakan Ayam

oleh -69 Dilihat

Program Nagari Tageh pada awalnya merupakan salah satu upaya bidang kesehatan dalam pengendalian Covid 19. 

Berkembang menjadi solusi strategis meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, sosial budaya, pangan, dan juga pendidikan, dengan melibatkan perguruan tinggi sebagai konseptor, sekaligus pendampingan di lapangan.

“Setelah berjalannya program nagari tageh, diperlukan evaluasi terhadap Nagari Tageh Ekonomi di Kabupaten Solok Selatan pada sub unit kegiatan peternakan ayam nagari,” ungkap Kadis Pertanian Solok Selatan, Nurhayati

Hadir dalam rapat bersama Wakil Bupati H Yulian Efi, Asisten Pemerintahan, Dr. Andani Eka Putra yang mewakili Pusat Study Komunitas Unand, Camat, Wali Nagari Tageh, Pengurus Bumnag se-solok Selatan di Aula Tansi Ampek, Kamis (10/03/2022).

Wakil Bupati H Yulian Efi mengapresiasi nagari tageh yang telah dibina oleh Unand Padang, perjuangan tim sangat luar biasa dalam mendampingi ke lapangan dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan, melalui peternakan ayam.

Wabup menekankan untuk meningkatkan motivasi dalam mengembangkan nagari tageh dengan unit usaha ayam broiler ini. segala kelemahan dalam pengelolaan nya hendaknya di evaluasi. Lebih lanjut Wabup mengharapkan untuk senantiasa mendampingi pengelolaan nagari tageh ini.

Pusat Study Komunitas Unand, Dr. Andani menyebut menyebut bahwa dalam pengelolaan peternakan ini, secara konsep tidak boleh gagal. Hari ini merupakan evaluasi dari pelaksanaan peternakan, dari data di lapangan sekitar 60 – 70 % berhasil, hanya 2 nagari abai dan kapau alam pauh duo yang terkendala.

Terkait mahalnya pakan ternak, Andani mengusulkan untuk membentuk konsorsium Bumnag, dimana masing-masing Bumnag juga berinvestasi dalam konsorsium ini. Usaha konsorsium tersebut adalah toko penjualan pakan ternak yang tentunya juga akan dilakukan pendampingan oleh tim Unand, tuturnya.

Selain itu, juga merencanakan akan membentuk rumah potong ayam. Salah satu manfaat nya, lebih membantu dalam memasarkan ayam, ketika harga ayam murah, dapat disimpan melalui Kemasan Frozen Food.

Dengan dukungan pemerintah, segala rencana ini akan cepat di realisasikan, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, memotivasi masyarakat. (Met).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.