Jumat, Juli 19, 2024

Diikuti 9 Grup, Festival Gema Takbiran Dibuka Bupati Eka Putra

More articles

Tanah Datar, dutametro.com – Dalam rangka memeriahkan hari raya Idul Fitri 1445 Hijrah, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar festival gema takbiran yang diselenggarakan pada Selasa (9/4/2024) malam, di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

Walaupun hujan sempat mengguyur kota Batusangkar dan sekitarnya, namun kegiatan yang diinisiasi oleh Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Tanah Datar tersebut tetap berjalan meriah.

Dalam sambutannya, Bupati Eka Putra atas nama pribadi dan Pemerintah menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Fitri, untuk itu kepada seluruh peserta Saya harapkan bisa mengikutinya dengan ikhlas semata-mata karena Allah SWT. Jangan hanya mengharapkan hadiah semata,” pesannya.

Bupati Eka Putra juga menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan shalat Ied di Kabupaten Tanah Datar akan dipusatkan di lapangan Cindua Mato Batusangkar.

“InsyaAllah pelaksanaan shalat Ied besok pagi akan kita pusatkan di lapangan Cindua Mato Batusangkar. Untuk itu Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Tanah Datar dan juga perantau mari bersama-sama besok kita laksanakan shalat di lapangan ini,” ajaknya.

Dikesempatan itu, Bupati juga tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perantau Tanah Datar, atas sumbangsih dan dukungannya dalam membangun Kabupaten Tanah Datar.

Selanjutnya, Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Tanah Datar untuk merayakan kemenangan bagi umat Islam ini dengan penuh kesederhanaan dan tidak berlebihan.

Pelaksanaan festival gema takbiran tahun ini juga agak sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena sebelum membuka acara tersebut Bupati Eka Putra mengajak seluruh anggota Forkopimda untuk bersama-sama melantunkan gema takbir diatas panggung.

Sebelumnya, Sekda Iqbal Ramadi Payana yang juga sebagai ketua PHBI Kabupaten Tanah Datar dalam laporannya menyampaikan bahwa festival gema takbiran ini dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya guna untuk mensyiarkan agama Islam.

“Festival gema takbiran tahun ini akan diikuti oleh 9 grup dari utusan kecamatan. Nantinya untuk juara I akan diberikan hadiah sebesar Rp. 4 juta, juara II sebesar Rp. 3 juta dan untuk juara III akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 2 juta,” sampainya.

Lebih lanjut, Sekda Iqbal juga sampaikan bahwa nantinya masing-masing peserta juga akan mendapatkan uang sebesar Rp. 1 juta sebagai pengganti transportasi.

Pada acara tersebut juga hadir Ketua DPRD Tanah Datar H. Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Ny. Lise Eka Putra, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, para Camat, dan undangan lainnya. Mnh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest