Sabtu, Mei 25, 2024

Panen Parsial Udang Vannamei Di Tambak Bundar, Sekda Barru : Cocok Direplikasi Masyarakat

Must read

Barru ,dutametro.com.-Panen Parsial Udang Vannamei Di Tambak Bundar, Sekda Barru : Cocok Direplikasi Masyarakat.Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Barru Dr. Abustan, M.Si melakukan panen parsial udang Vannamei ditambak bundar milik PT. Bomar Biopova Akuakultura di Tenmireng Kelurahan Takkalasi Kec Balusu, Senin 10/7/2023.

Diselah- selah panen persial, Sekda Abustan mengatakan kedepannya perlu ada pola kerja sama PT. Bomar Biopova Akuakultura dengan Pemerintah Daerah terkait bagaimana meningkatkan pengembangan budidaya melalui tambak bundar atau juga dikenal dengan kolam terpal seperti ini dengan melibatkan sebanyak banyaknya masyarakat yang ada di Kabupaten Barru,

“Panjang garis pantai Kabupaten Barru sekira 78 KM sehingga ketika bisa dikembangkan ekonomi kerakyatan, pasti akan tumbuh dan bisa berkembang yang pada akhirnya masyarakat kita bisa menikmati pendapatan yang cukup lumayan. Contohnya kolam terpal dengan diameter hanya 16 meter bisa menebar benur sampai 180 ribu ekor, “ucapnya

Ini kata Abustan yang perlu didiskusikan bersama, diedukasi masyarakatnya mungkin pelibatan privat sektor, kemudian badan usaha baik BUMN maupun BUMD dunia usaha di swasta bagaimana dilakukan pendampingan secara masif, intensif.

Sehingga katanya, masyarakat bisa beralih dari pengelolaan perikanan terutama Udang Vannamei secara trasional kepola intensif dan menggunakan teknologi yang cukup ramah lingkungan sehingga tidak ada menimbulkan persoalan persoalan di masyarakat.

Dirinya berharap mudah-mudahan ini bisa di replikasikan kepada masyarakat dan akan bisa meningkatkan masyarakat Barru dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Pada kesempatan tersebut,Sekda Barru Abustan yang turut didampingi Kepala Dinas Perikanan Charly R.Fichser , Vice Presiden PT Bomar Biopova Akuakultura Ir. Coco Kokarkin, M. Sc. Selain melakukan panen parsial tahap kedua di tambak bundar 1, juga melakukan penebaran benih tambak bundar 2.

Diketahui, udang jenis Vannamei atau Litopenaeus Vannamei merupakan salah satu spesies udang yang bernilai ekonomis tinggi yang menjadi sakah satu produksi perikanan yang dapat menghasilkan devisa negara.

(anty-syam)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article