Jumat, Februari 23, 2024

Pj Wako Sonny: Peluang Kerja ke Luar Negeri Harus Dimanfaatkan Pencaker

Must read

PADANG PANJANG,dutametro.com.-Pj Wako Sonny: Peluang Kerja ke Luar Negeri Harus Dimanfaatkan Pencaker. Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si menyebutkan Pemerintah Kota mengadakan program-program pelatihan untuk para pencari kerja (pencaker). Ini agar mereka dapat memanfaatkan peluang kerja di dalam dan luar negeri.

Hal itu disampaikannya saat membuka Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri dan Migran Aman yang diadakan Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerja sama dengan Komisi IX DPR RI di Aula Hotel Aulia Padang Panjang, Sabtu (10/2).

“Program-program pelatihan itu dilakukan Pemko melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), maupun bekerja sama dengan balai-balai besar yang ada di Indonesia,” sebutnya.

Dikatakan Sonny, Pemko sudah melakukan kerja sama dengan Balai Besar Medan, Bandung, Serang, Makassar dan juga Semarang.

“Beberapa anak-anak kita sudah kita kirim untuk dilatih. Baik dibiayai APBD maupun APBN. Ada yang sharing dan berbagi untuk pembiayaannya,” ujar Sonny.

Ia juga mengatakan, Padang Panjang juga sudah bekerja sama dengan PT. OS Selnajaya Indonesian yang memberikan pelatihan bahasa dan keterampilan budaya Jepang selama enam bulan.

“Untuk lapangan pekerjaan, jangan kita hanya mengandalkan yang ada di Padang Panjang. Silakan pergi merantau. Untuk Bapak dan Ibu silakan suruh anak kita untuk mencari pekerjaan di luar, dan mempelajari bagaimana kebudayaan luar,” tuturnya lagi.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, dr. Suir Syam, M.Kes, MMR mengatakan, jika ada anak tamat SMA ingin bekerja luar negeri, yang dibutuhkan adalah attitude-nya. Bagaimana bisa mengikuti dan menyesuaikan diri dengan tempat bekerja.

“Saat ini yang sangat membutuhkan pekerja itu seperti Jepang dan Korea Selatan. Bekerja di luar negeri anak-anak kita bisa mencontoh bagaimana orang bekerja di luar sana. Kedisiplinan dan perkembangan teknologi yang digunakan mereka,” jelasnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BP2MI yang sudah berbagi ilmu dan pengetahuan mengenai peluang kerja di luar negeri dan migran aman.

Perwakilan BP2MI, Dewi Beauty Alawiyah, S.IKom dan Kepala DPMPTSP, Fhandy Ramadhona, S.STP, M.M memaparkan bagaimana peluang kerja di luar negeri.(shintia)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article