Senin, April 15, 2024

Disbudpar Pulpis Optimis lima Desa Siap ikuti Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia

Must read

PULANG PISAU,dutametro.com.- Lima Desa yang terbagi di Empat Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2023 ini ikut serta dalam Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia.

Adapun beberapa Desa yang direncanakan mengikuti Lomba Anugerah Wisata tersebut antara lain, Desa Hanua Kecamatan Banama Tingang dengan destinasi Kuduk Rame, Desa Tahawa Kecamatan Kahayan Tengah dengan destinasi Sahai Tambun Balu, Kelurahan Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Hilir dengan destinasi wisata Taman Sumbu Kurung dan Rumah Betang di Desa Buntoi serta Desa Kiapak Kecamatan Kahayan Kuala dengan destinasi Si Mangki.

” Direncanakan ada lima destinasi wisata desa di empat kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau yang mengikuti Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 ini, ” kata Bakzar disela mengikuti Rapat FPD di aula Bappedalitbang, Kamis (9/3/2023).

Lima destinasi tersebut, kata Bakzar, destinasi Kuduk Rame di Desa Hanua Kecamatan Banama Tingang, destinasi Sahai Tambun Balu, Desa Tahawa Kecamatan Kahayan Tengah, Taman Sumbu Kurung di Kelurahan Pulang Pisau Ke dengan destinasi Rumah Betang Desa Buntoi Kecamatan Kahayan Hilir dan destinasi Si Mangki Desa Kiapak Kecamatan Kahayan Kuala.

Untuk suksesnya mengikuti lomba tersebut, dirinya berharap ada keterpaduan seluruh perangkat daerah OPD dilingkungan Pemkab Pulang Pisau untuk bersama-sama mendukung kegiatan tersebut.

” Karena dalam seleksi Lomba Desa Wisata Indonesia tahun 2023 ini dilakukan sangat ketat. Baik, yang berkaitan dengan sarana dan prasarana infrastruktur dilingkungan destinasi wisata tersebut, ” tegasnya.

Kendati demikian, Bakzar mengaku optimis, jika semua pihak bersatu padu dengan menerapkan prinsip Handep Hapakat dapat memberikan hasil yang terbaik. Sehingga, nantinya akan berdampak positif berupa bantuan-bantuan dari pemerintah pusat mengalir ke Pemkab Pulang Pisau untuk pengembangan destinasi wisata yang berada di 4 kecamatan tersebut.

” Tentunya, kita berharap dukungan berupa bantuan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan dan pengembangan destinasi wisata kedepan terus mengalir, ” tandasnya

Karena dengan adanya bantuan berupa anggaran dana dari pemerintah pusat itu akan sangat membantu dalam mengembangkan memajukan wisata desa ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk persiapan menuju Lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia secara administratif sudah dilakukan.

Kemudian terkait persyaratan harus ada buku tamu dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keadministrasian juga sudah dilakukan secara bersama dengan Pokdarwis di masing-masing desa.

” Disini Keberadaan Pokdarwis inilah yang nantinya akan menjadi kepanjangan tangan dalam menyampaikan kebutuhan untuk pengembangan kebudayaan dan memajukan destinasi wisata desa, ” jelasnya

” Kedepan, kami berharap ini menjadi titik awal adanya kerjasama dan kolaborasi antara Disbudpar dengan OPD teknik untuk bersatu padu, mengangkat dan mendorong desa menjadi desa wisata, ” pungkasnya ( RD / Ril)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article