Senin, Mei 20, 2024

Puskesmas Kebun Sikolos Gelar Prolanis Bersama BPJS Kesehatan

Must read

Guna pemeliharaan kesehatan bagi peserta, Puskesmas Kebun Sikolos menggelar Prolanis bersama BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittingi, di halaman depan puskesmas itu, Selasa (12/7).

Prolanis merupakan suatu sistem pelayanan kesehatan dan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan dan BPJS Kesehatan. Ini untuk pemeliharaan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehataan yang menderita penyakit kronis.

Prolanis dilakukan untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien. Sasaran Prolanis ini pun adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan penyandang penyakit kronis (Diabetes Melitus Tipe 2 dan Hipertensi).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Faizah mengatakan, kegiatan ini sudah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19. “Alhamdulillah sekarang bisa kita laksanakan lagi. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini, semua peserta BPJS Kesehatan di faskes (fasilitas kesehatan-red) kita ini bisa lebih memperhatikan lagi kesehatannya lagi dan mencapai kualitas hidup optimal,” ujarnya kepada Kominfo.

Tujuan dilaksanakannya Prolanis ini mendorong peserta penyandang penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal dengan indikator 75% peserta terdaftar yang berkunjung ke faskes memiliki hasil “baik” pada pemeriksaan spesifik terhadap DM Tipe 2 dan Hipertensi sesuai dengan panduan klinis.

Adapun kegiatan yang dilakukan di antaranya senam bersama dan juga penyampaian materi mengenai Hipertensi oleh dr. Yeni Asril. (shintia)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article