Minggu, Mei 26, 2024

Kenalkan Budaya Minangkabau, TK Smart Kids Laksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Must read

PADANG PANJANG,dutametro.com. – Kenalkan Budaya Minangkabau, TK Smart Kids Laksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Mengenalkan kearifan lokal budaya dan adat Minangkabau, Taman Kanak-Kanak (TK) Smart Kids laksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan berbagai kegiatan, Kamis (12/10).

Projek P5 ini digelar selama lima hari. Mulai dari Senin (9/10) lalu melakukan kegiatan mengenalkan makanan tradisional kepada taruna-taruni dengan cooking class memasak onde-onde. Lalu pada Selasa (10/10) pengenalan Rumah Gadang dengan melakukan fieldtrip ke Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM).

Pada Rabu (11/10) kemarin, digelar pengenalan cara memasak Randang dan kegiatan Taruna Smart Kids Manggaleh. Lalu hari ini sebagai puncak kegiatan dilaksanakan baarak diiringi talempong dan manjujuang dulang dari Simpang Hotel Hasiba ke TK Smart Kids bersama orang tua murid. Lalu dilanjutkan dengan Makan Bajamba dan Manggaleh Makanan Tradisional.

Kepala Bidang Pembinaan Kebudayaan, Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Sofyeni, M.Pd yang hadir pada kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada pimpinan TK Smart Kids dan jajaran yang telah melaksanakan dan mengenalkan kearifan lokal adat Minangkabau sejak dini.

“Kami berpesan kepada ayah bunda, hari ini anak-anak kita sudah mengenal apa itu makan bajamba dan lainnya. Jadi ke depannya jika ada kesempatan, ajak anak-anak kita ini jika ada acara adat di sekitar rumah. Anak-anak jadi tahu bagaimana yang mereka pelajari di sekolah dengan kehidupan yang sebenarnya, sehingga mereka tidak bingung,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Serambi Mekkah Adi Raya Taruna (SMART), Maryulis Max, S.Sos, M.I.Kom juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan jajaran TK Smart Kids yang sudah bekerja sama menggelar acara makan bajamba ini.

“Alhamdulillah kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama ayah bunda bersama para teacher TK Smart Kids guna menyukseskan acara untuk menyesuaikan dengan Kurikulum Merdeka yang kita terapkan di TK ini,” sampainya.

Dia mengaku bangga, senang dan hormat kepada ayah bunda yang sudah mempercayakan pendidikan anak-anaknya di TK Smart Kids. “Semoga bisa mewujudkan anak-anak yang cerdas spiritual, emosional dan intelektual. Itu bisa tercapai atas kerja sama kita semua,” tuturnya.

Ikut hadir Sekretaris Lurah Guguk Malintang, Raflis, S.Sos, Subbag Umpeg Disdikbud, Nora Marini, S.Pd Ketua Komite TK Smart Kids, Lesmiyanti, S.H, Kepala TK Smart Kids, Nur Azizah, S.S, S.Pd, orang tua murid dan lainnya. (shintia)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article