Senin, Mei 27, 2024

Bupati H. Khairunas Hadiri Pengukuhan KAN Lubuk Gadang

Must read

Solsel ,dutametro.com.- Bupati H. Khairunas Hadiri Pengukuhan KAN Lubuk Gadang.Pengukuhan kepengurusan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir digelar di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati, Kamis, 13 April 2023.

Pengukuhan ini turut disaksikan langsung oleh Bupati Solok Selatan H Khairunas, Wabup H Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Sekdakab dan pejabat pemerintahan lainnya.

Bupati H. Khairunas turut mengucapkan selamat atas pengukuhan KAN Lubuk Gadang.

Dengan pengukuhan ini, KAN Lubuk Gadang telah memiliki legitimasi untuk menjalankan tugas dan fungsi lembaganya.

Selaku pemerintah, dukungan dari berbagai pihak dalam proses pembangunan di Solok Selatan sangat penting, salah satunya dukungan KAN Lubuk Gadang.

Ketua DPRD Solok Selatan, Zigo Rolanda turut mengucapkan selamat kepada pengurus KAN Lubuk Gadang.

Selaku Ketua dprd, dia juga turut mendukung penuh lembaga KAN dalam mengemban tanggungjawab kepada anak kemenakannya terkhusus di Lubuk Gadang.

Kepengurusan KAN Lubuk Gadang Kecamatan Sangir periode 2023 – 2028, diketuai oleh Halmesri Dt Jo Mantari. Kepengurusan ini merupakan hasil keputusan musyawarah pada tanggal 13 Februari 2023 lalu.

Dalam sambutannya, Ketua KAN terpilih mengatakan lembaga yang dipimpinnya berperan dalam melestarikan adat nagarinya.

Pengukuhan ini merupakan bentuk legitimasi sebagai pemangku adat di wilayah Lubuk Gadang,” katanya.

Dia juga mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Solok Selatan atas banyaknya prestasi yang telah diraih pemerintah kabupaten.

Di kesempatan yang sama, Ketua LKAAM Solok Selatan, Atila Majidi turut menyampaikan peran ninik mamak dalam penyelesaian persoalan di kaumnya.

“Ninik mamak pertanggung jawab dalam penyelesaian segala persoalan didalam kaumnya,” papar Atila.

Kepada kepengurusan KAN terpilih, Ketua LKAAM Solsel mengharapkan kepengurusan KAN mampu bekerja, menjadi mitra pemerintah untuk memakmurkan masyarakat. (Met)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article