Indikator Tolak Ukur Kemajuan Daerah, Bupati Khairunas Inginkan Kualitas Pendidikan Solok Selatan Lebih Baik

oleh -37 Dilihat

Bupati dan Wakil Bupati Solok Selatan hadiri kegiatan lokakarya gabungan para pendidik / Guru terkait Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jenjang SMP se-Kabupaten Solok Selatan yang bertempat di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (13/06/2022). 

Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka peningkatan kualitas tenaga pengajar terkait pemahaman tentang implementasi kurikulum merdeka jenjang sekolah menengah pertama. 

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan di bawah kepemimpinan H. Khairunas bersama H. Yulian Efi, menjadikan sektor ini sebagai misi yang pertama yaitu, peningkatan kualitas sumber daya manusia yang berkarakter, produktif dan kompetitif, yang di telah dituangkan dalam Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang RPJMD Solok Selatan tahun 2021-2026.

Menurut Bupati Khairunas, peran pendidik dan tenaga kependidikan memiliki peranan sangat penting untuk mentransfer ilmu pengetahuan dan mengarahkan masa depan anak didiknya. 

‘’Bapak/Ibu, para guru tidak boleh berhenti belajar, meski sudah lulus perkuliahan. Guru harus senantiasa haus akan ilmu supaya kompetensi terus terasah sehingga diharapkan ‘menular’ ke muridnya”, ungkap Bupati. 

Para pendidik saat ini juga harus melek teknologi informasi, agar dalam menyampaikan pelajaran dengan lebih maksimal serta dengan mengakses informasi untuk menambah referensi dan memperkaya literasi, tambahnya.

Melalui pelatihan, guru harus mengembangkan kompetensi nya secara mandiri, baik peningkatan kompetensi dalam hal penguasaan materi ajar, strategi dan metodologi pengajaran, maupun menciptakan inovasi-inovasi dalam pengajaran. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya sumber-sumber belajar dan teknologi yang dapat diakses secara leluasa didunia maya.  

Selain itu, upaya Pemerintah Daerah Solok Selatan guna menunjang peningkatan kualitas kompetensi guru adalah dengan memaksimalkan program Sekolah Penggerak yang di prakarsai oleh Kementerian Pendidikan, program ini telah kita laksanakan dari tahun 2021 lalu, harapan nya dengan adanya program ini dapat memicu semangat para guru untuk terus belajar dan belajar dalam meningkatkan kompetensinya demi mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik di Kabupaten Solok Selatan.

Terakhir bupati juga mengajak saya seluruh unsur untuk bersama-sama semangat menjadi lebih baik dan maju kedepan nya, “Kami sebagai pemerintah daerah akan terus mendorong serta memfasilitasi Bapak/Ibu semuanya, mari sama-sama melompat untuk mengejar dan bahkan melampaui daerah lain”, tutup khairunas. (Met)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.