Jadi Pemateri di Digital Enterpreneurship Academy, Lise Eka Putra: Enterprenuer Harus Berani Jatuh Bangun

oleh -49 Dilihat

Tanahdatar, Dutametro – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Tanah Datar, Lise Eka Putra jadi salah satu pemateri dalam Program Digitial Academy (DEA) Digital Talent Scholarship Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan (BBPSDM) Medan, di Hotel Emersia, Senin (14/3/2022).

Dalam materinya Lise mengingatkan sejumlah langkah dan hal yang harus dimiliki seorang pengusaha (enterpreneur) dalam menjalankan usahanya.

Lise menyebut seorang enterpreneur harus berani menanggung risiko dan jatuh bangun demi usaha yang dijalaninya.

“Jatuh bangun lalu bangkit lagi merupakan hal biasa selalu akrab dalam memulai bisnis,” kata dia.

Ia juga mengingatkan para peserta yang merupakan pelaku UMKM di Tanah Datar untuk selalu memiliki rasa pantang menyerah dan tidak patah semangat dan terus berusaha dengan mengevaluasi diri dan selalu memperbaiki produk.

“Langkah ini yang harus ada pada enterpreneur,” ujar Lise.

Selain itu, Lise juga menyebut seorang enterpreneur juga melengkapi regulasi dan registrasi terhadap produk yang dihasilkannya seperti, izin usaha atau P-IRT, label halal, izin pemasaran produk dan lain-lain, sehingga kepercayaan konsumen terhadap produk lebih tinggi serta aman dari jeratan hukum.

Lebih lanjut, Lise meminta para peserta untuk tidak mudah berpuas diri dan selalu menggali ilmu serta potensi lain dalam mengembangkan usahanya.

“Seperti sekarang ini, dengan pelatihan DEA ini kita bisa mengembangkan pemasaran produk lebih luas lagi,” lanjut istri Bupati tersebut.

Ia berharap pelatihan tersebut mampu mengembangkan usaha para pelaku UMKM yang hadir sebagai peserta serta bisa membuka lapangan kerja baru.

Sebelumnya, program DEA dari BBPSDMP Kominfo Medan ini telah resmi dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E, M.M yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum, dan Politik, Drs. Abrar.
Pelatihan tersebut diikuti oleh 100 pelaku UMKM di Tanah Datar dengan tema Penguatan Usaha Mikro kecil dan Menengah untuk Peningkatan ekonomi Masyarakat di Tanah Datar Pengelolaan Keuangan Secara Digital yang dilaksanakan dua hari, yakni Senin-Selasa, 14-15 Maret 2022 di Hotel Emersia, Batusangkar. (IKP Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.