Sabtu, April 20, 2024

Tingkatkan Kualitas Berbasis Digital Rektor UNP Launching Studio Pembelajaran dan Podcast Pendidikan Ekonomi FE UNP

Must read

Padang, Dutametro.com — Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) berupaya untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital. Untuk itu, Departemen Pendidikan Ekonomi melaunching studio video pembelajaran dan podcast, Rabu (15/3) bertempat di Auditorium Prof. Kamaluddin, FE UNP. Hadir dalam kegiatan ini Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D, Dekan FE Prof. Dr. Idris, M.Si, Wakil Dekan, Kepala Kantor Layanan Informasi, Humas, dan Protokoler UNP, Kepala dan Sekretaris, Koordinator Prodi, Ketua Laboratorium, Dosen Pendidikan Ekonomi, dan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi selingkungan UNP.

Dekan FE UNP Prof. Dr. Idris, M.Si dalam sambutannya, menyampaikan bahwa podcast studio ini dapat terwujud berkat prestasi Pendidikan Ekonomi yang memenangkan kompetisi PPKM pada tahun 2021 dan tahun 2022. Pada tahun 2021, Departemen Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu dari empat departemen UNP yang memenangkan hibah, sedangkan di tahun 2022 Departemen Pendidikan Ekonomi UNP menjadi satu-satunya departemen yang menang.

Menurut Dekan FE keberadaan podcast studio ini merupakan salah satu pelengkap kegiatan pembelajaran di FE yang sudah berbasis digital. Untuk itu, Prof. Idris berharap agar para dosen dan mahasiswa dapat memanfaatkan labor video pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memberikan pelayanan terbaik kepada Mahasiswa.

Pada kesempatan ini, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D mengapresiasi inisiatif Kepala Departemen Pendidikan Ekonomi Tri Kurniawati, S.Pd, M.Pd untuk membuat studi video pembelajaran, Rektor berharap semoga keberadaan podcast ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dan skill mahasiswa Fakultas Ekonomi.

Rektor menyampaikan terdapat 3 hal yang sangat menentukan kualitas keberhasilan pembelajaran digital, yakni konten materi yang disiapkan harus sesuai dengan kurikulum dan learning outcome, kedua kapasitas dari dosen/instruktur/mahasiswa dan yang terakhir konektivitas dari konten tersebut. Podcast merupakan rekam media digital yang dapat dipelajari dan diakses oleh mahasiswa kapanpun dan dimanapun. Dosen dan mahasiswa harus semakin kreatif dalam mengembangkan model pembelajaran secara digital.

Kualitas Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Rektor UNP dan Podcast perdana dengan menghadirkan narasumber Rektor UNP dan Dekan FE dengan podcaster Efni Cerya, S.Pd., M.Pd.

Podcast Departemen Pendidikan Ekonomi dapat diakses pada channel Youtube Podcast Pendidikan Ekonomi. (SS/Humas UNP)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article