Jumat, Februari 23, 2024

Hadiri Sosialisasi KIE Obat dan Makanan, Bupati Barru Serahkan Plakat dari Kwarcab Barru

Must read

BARRU,dutametro.com.- Hadiri Sosialisasi KIE Obat dan Makanan, Bupati Barru Serahkan Plakat dari Kwarcab Barru.Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., hadiri kegiatan sosialisasi KIE obat dan makanan yang digelar oleh Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi NasDem drg. Hj. Hasnah Syam, MARS bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar, di lantai 6 gedung MPP Barru, pada Jumat pagi 15/12/2023

Kegiatan sosialisasi yang menyasar para anggota Pramuka Kwarcab Barru ini dirangkaikan dengan penerimaan peserta Raimuna Nasional ke-12 tahun 2023 dan penyematan Tiska secara simbolis sekaligus penyerahan plakat dari Kwarcab Barru kepada Bupati Barru Suardi Saleh.

Diawal sambutannya, Bupati Barru menjelaskan bahwa kegiatan KIE ini, tentunya bukanlah yang pertama kali dilakukan di kabupaten Barru, bahkan dimulai sejak duduknya anggota DPR RI komisi IX fraksi Nasdem, ibu drg. Hj. Hasnah Syam sampai saat ini, mungkin telah puluhan kali di lakukan. Tetapi yang menjadi sangat spesial karena yang menjadi peserta adalah pandu pandu terbaik bangsa, anak anak muda yang tergabung gerakan Pramuka Kwarcab Barru.

“KIE ini tentunya bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan pemberdayaan masyarakat, terhadap aspek aspek keamanan pangan, yang terlaksana atas kerjasama BBPOM, Komis IX DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Barru. Di Barru dilaksanakan karena anggota DPR RI nya adalah orang Barru. Ini yang perlu di garis bawahi”, kata Suardi Saleh.

Menurut Bupati dua periode ini, materi ini pastinya sangat penting, karena menyangkut hajat hidup orang banyak, tidak mengenal usia, tidak mengenal jenis kelamin, tanpa pandang bulu, semua masyarakat di kesehariannya pasti menggunakan produk produk kosmetik, obat dan makanan. Sehingga ini menjadi kebutuhan yang sangat mendasar, karena tidak satu orang pun di muka bumi ini, tidak menggunakan produk obat, kosmetik ataupun makanan. Dan untuk memilih mana produk yang baik dibutuhkan pendidikan semacam kegiatan yang dilaksanakan ini.

Apalagi lanjutnya, dari hari kehari semakin marak kasus tentang makanan yang tidak aman di konsumsi sehingga masih banyak terdengar kasus keracunan terjadi, atau kasus banyaknya beredar obat dan kosmetik yang tidak memiliki izin edar.
Untuk mengetahui itu semua maka masyarakat perlu di bekali dengan wawasan dan pengetahuan yang luas tentang makanan, obat dan kosmetik yang layak.

“Untuk itu, kami atas nama pemerintah daerah sangat bersyukur dan berterima kasih tentunya kepada ibu drg. hj. Hasnah Syam dan kepala Balai besar POM yang membawa kegiatan seperti ini ke kabupaten Barru sehingga masyarakatnya menjadi masyarakat yang cerdas. Contohnya di pemeriksaan dan pengawasan makanan tahun lalu di bulan Ramadhan, yang dilakukan BBPOM kerja sama dinas kesehatan, saat itu tidak di temukan di pasaran makanan olahan yang menggunakan lagi bahan berbahaya”, pungkasnya.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Kepala BBPOM Makassar Ana Adriani, S.Si. A.Pt. M.Si., Kadis Kesehatan Barru dr. Amis Rifai, Tokoh Pemuda Teguh Iswara Suardi dan para pembina Pramuka Kwarcab Barru serta undangan lainnya.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article