Jumat, Maret 1, 2024

Optimalisasi Layanan Haji dan Umrah, Kantor Kemenag Gelar Syukuran Pemakaian Gedung PLHUT

Must read

PADANG PANJANG,dutametro.com.— Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang menggelar syukuran pemakaian Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT), Selasa (16/1).

Pemakaian Gedung baru ini ditandai pengguntingan pita oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Barat (Sumbar), Dr. H. Mahyudin, M.A bersama Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si.

Turut hadir pada acara yang dirangkai dengan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-78 itu, Ketua DPRD, Mardiansyah, S.Kom, Kapolres, AKBP Kartyana Widyarso Wardoyo Putro, SIK, MAP, unsur Forkopimda dan undangan lainnya.

Keberadaan PLHUT bertujuan guna optimalisasi layanan haji dan umrah bagi masyarakat. Gedung yang berada dalam komplek Kantor Kemenag ini merupakan salah satu gedung PLHUT Tipe A1 dengan luas 150 meter persegi. Dibangun melalui Program Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2023 dengan anggaran Rp2.366.400.000.

Mahyudin mengapresiasi jajaran Kantor Kemenag Kota Padang Panjang yang berhasil membangun gedung PLHUT. Dikatakannya, ada dua titik fokus layanan Kemenag saat ini. Yaitu layanan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan disertai keberadaan kantornya yang representatif. Lalu, layanan Haji dan Umrah melalui PLHUT.

“KUA garda terdepan layanan kepada masyarakat, layanan pertama yang menjadi titik perhatikan kita. Kemudian layanan Haji, mulai dari mendaftar berangkat dan kembali ke tanah air. Kita harus maksimal memberikan layanan terbaik. Oleh karena itu perlu kantor PLHUT,” sebutnya.

Dikatakannya, PLHUT memberikan layanan satu atap. Seperti pembayaran setoran Haji, tidak perlu lagi pergi ke bank, karena sudah ada loket pembayaran dari pihak bank di sana.

Di samping itu, dirinya mengapresiasi kolaborasi dan sinergi yang dibangun Kantor Kemenag bersama Pemko, DPRD dan instansi lainnya. “Ini perlu dipertahankan,” ujarnya.

Sementara Pj Wako Sonny mengatakan, kehadiran PLHUT merupakan investasi baru yang memilki arti penting dan sejarah bagi Kota Padang Panjang. Ini sekaligus menunjukkan pembangunan di Padang Panjang berjalan dengan baik. Menurutnya, Kemenag memberi warna bagi Kota Serambi Mekkah ini.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas sumbangsih, dukungan dan kerja sama Kemenag selama ini. Semoga ini terus berlanjut dan semakin kuat dimasa yang akan datang,” tuturnya.

Sementara itu, Kakan Kemenag Kota Padang Panjang, Drs. H.Alizar, M.Ag menyampaikan rasa syukur. PLHUT merupakan impian yang menjadi kenyataan, terlaksana melalui Program Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) 2023.

Syukuran PLHUT pada HAB ini, sebut Alizar, bermakna spesial. Dirinya mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemko, DPRD, Kejaksaan dan instansi lain.

Pada kegiatan yang sama, Kantor Kemenag turut menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Pj Wako Sonny, Ketua DPRD Mardiansyah, dan sejumlah instansi terkait. Penghargaan yang diserahkan Mahyudin ini, diberikan atas perhatian dan kerja sama para tokoh dan instansi tersebut dalam menyukseskan program Kemenag. (harris)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article