Sabtu, Mei 25, 2024

Ketua IKM dan DPP IKM Lepas Sebanyak 70 Bus Pemudik “Pulang Basamo” ke Sumbar

Must read

Jakarta, Dutametro.com – Sebanyak 70 bus pemudik “Pulang Basamo” yang akan membawa sekitar 3.100 perantau minang dilepas keberangkatannya oleh Ketua Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM) Fadli Zon dan Ketua Harian DPP IKM Andre Rosiade. Pemudik ini dijadwalkan berangkat ke Sumatera Barat (Sumbar) jelang Hari Raya Idul Fitri 2023.

Berdasarkan pantauan di Lapangan Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pukul 13.32 WIB puluhan bus sudah memadati tempat acara. Sementara itu terlihat penumpang mulai mempersiapkan keberangkatan bersama keluarga.

Sementara selain Fadli Zon dan Andre Rosiade, terlihat Ketua Organisasi Bundo Kanduang Nurdiati Akma. Selain itu tampak juga Anggota DPR RI F-Gerindra Himmatul Aliyah dan Anggota DPD RI dari Jakarta Fahira Idris.

Menurut Ketua IKM yang juga Waketum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan tahun sebelumnya mudik terbatas lantaran pandemi Covid-19. Sekarang dia berharap mudik gratis kali ini bisa membawa keberkahan.

Fadli Zon mengatakan, “Melepas sekitar 70 bus yang akan pulang Basamo, dengan jumlah masyarakat 3.100 orang. Alhamdulillah dan Pak Andre juga berjanji tahun depan 150 (bus) apalagi kalau capres yang kita dukung menang ya,” ujarnya.

Selanjutnya menurut Fadli Zon lebih dari 100 juta orang akan pulang ke kampung halaman di mudik Lebaran 2023. Disamping itu dia berharap kepulangan mereka juga bisa membawa rezeki bagi penduduk di sana.

Seperti dituturkan Fadli Zon, “Lebih dari 100 juta orang pulang ke kampungnya masing-masing. Tentu saja akan bermanfaat bagi ranah Minang bagi Sumatera Barat, karena belanja di sana, akan menikmati kuliner di sana, mungkin juga bagi-bagi THR ke sanak keluarga di sana,” tuturnya.

Ditambahkan Fadli Zon, “Di Jakarta saja 15 persen, belum Jabodetabek termasuk yang paling banyak. Sesuai prinsip orang Minang di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung,” sambungnya.

Disisi lain Andre Rosiade mengatakan jika mudik gratis di tahun depan bisa lebih besar. Ia berharap bisa menghadirkan 150 bus di 2024.

Dalam sambutannya disebutkan Andre, “Kalau hari ini bus 70 mudah-mudahan tahun depan bisa 150,” katanya.

Sekedar untuk diketahui setidaknya 3.100 penumpang mengikuti program mudik gratis ini. Dan diperkirakan ada sekitar 70 bus yang disediakan untuk keberangkatan.

Sementara itu tujuan mudik 3100 orang ke Sumatera Barat memiliki tujuan yang beragam, mulai dari Kota Padang, Bukit Tinggi, Tanah Datar, dan Kabupaten Kota lainnya.(H.A)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article