Jumat, Maret 29, 2024

Bupati Raih Piagam Penghargaan Universal Health Coverage Dari BPJS Kesehatan Pusat

Must read

Agam, dutametro.com-Bupati Agam Dr H Andri Warman MM raih penghargaan Nagari Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan Pusat, di Mess Pemda Belakang Balok, Jumat (17/2).

Penghargaan UHC diserahkan Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Pusat, Dr dr Mahlil Ruby,M,Kes kepada Bupati Agam.

Selain kepada Bupati Agam, BPJS Kesehatan juga menyerahkan penghargaan kepada 7 nagari dengan indikatornya 95% dari penduduk nagari sudah ikut progam Jaminan Kesehatan dan Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Ketujuh nagari tersebut masing-masing Nagari Batu Kambing, Koto Rantang, Nan Tujuah, Parik Panjang, Sipinang, Sitalang dan Nagari Sitanang.

Menurut Deputi Direksi Wilayah II, dr Eddy Sulistijanto Hadie, gerakan desa UHC di seluruh nagari Kabupaten Agam untuk mengurangi beban pemerintah daerah.

“Komitmen Bupati Agam sangat diharapkan agar dapat mengimplemetasikan desa UHC kepada seluruh nagari yang ada di Kabupaten Agam,”ujarnya.

Bentuk implentasi tersebut sambungnya, bisa dilakukan dengan menambahkan salah satu kategori desa sehat dan sejahtera.

“Saat ini di Kabupaten Agam sudah ada 7 nagari yang memenuhi kategori tersebut dan telah kita berikan penghargaan sebagai tanda apresiasi atas pencapaiannya yang mana 95% warganya telah ikut program JKN,”katanya.

Sementara itu, Bupati Agam Dr H Andri Warman, mengapresiasi pencapaian yang telah dilakukan oleh 7 nagari tersebut.

“Terima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan dinas terkait dengan perangkat kecamatan dan nagari sehingga 7 nagari di Kabupaten Agam bisa mendapatkan penghargaan desa UHC dari BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Selain itu, Bupati Agam berharap melalui UHC derajat kesehatan penduduk Kabupaten Agam serta aksebilitas pelayanan kesehatan penduduk dapat meningkat.

“Dengan meningkatnya aksebilitas pelayanan kesehatan penduduk maka visi untuk membangun Agam yang maju dan masyarakat sejahtera dapat kita wujudkan,”tuturnya.

Dalam penyerahan penghargaan itu, hadir Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan Pusat, Dr dr Mahlil Ruby, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Henny Nursanti, Kadinkes Agam Hendri Rusdian, Kadis Sosial, Rahmi Artari, Kadis DPMN Agam, Asril dan Kepala BKAD Agam, Hendry G serta kepala puskesmas dan nagari penerima penghargaan. Amc

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article