Selasa, Juli 23, 2024

Jadi Khatib di Sawahlunto Prof. Hasan Zaini Ajak Tingkatkan Semangat dan Jiwa Kurban Dalam Menghadapi Musibah

More articles

Sawahlunto, dutametro.com -Jadi Khatib di Sawahlunto Prof. Hasan Zaini Ajak Tingkatkan Semangat dan Jiwa Kurban Dalam Menghadapi Musibah. Ribuan masyarakat Kota Sawahlunto melaksanakan sholat Idul Adha 1445 H di Lapangan Sepakbola Ombilin, Senin (17/6/2024). Bertindak sebagai Khatib Prof. H. Hasan Zaini, S.Ag. MA guru busar UIN Muhammad Yunus Batusangkar dan Iman H. Rajulis, SIQ.

Dalam khutbahnya, Prof Hasan Zaini mengajak Meneladani keluarga Nabi Ibrahim dengan semua nilai nilai kesabaran, keihlasan dan cintanya kepada Allah SWT, hendaknya bisa menjadi contoh keluarga muslim di Sawahlunto untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam melaksanakan ibadah kurban di Idul Adha.

Dia menyebut, saat ini kita semua merayakan Idul Adha dalam suasana duka, sedih dan berkabung atas musibah yang melanda Ranah Minang, diawali dengan longsor silungkang dan banjir Muarokalaban, longsor Sitinjai lauik, longsor dilembah anai dan Erupsi Marapi dan banjir Bandang serta lainnya. Peristiwa ini sebutnya, mengandung pelajaran, mau’izah dan hikmah.
“Diantara hikmahnya, untuk memupuk jiwa keimanan dan memantapkan akidah Islamiyah. Kita harus yakin bahwa alam dan segala isinya ada yang menciptakan dan mengaturnya,” urai dia dalam khutbahnya.

Untuk itu dia mengimbau, jiwa dan semangat kurban hendaknya selalu dipupuk dan digiatkan terutama dalam menghadapi musibah dan bencana alam, kompakkan persatuan dan kesatuan perlu dibina dan tingkatkan.
“Musibah sebagai wadah evaluasi dan introspeksi diri. Kita harus meyakin musibah dan bencana yang terjadi dimuka bumi, selain sudah merupakan takdir dari Allah, juga sebagai teguran tuhan atas kesalahan yang dibuat manusia,” jelas Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar periode 2010 – 2014 itu.

Senada dengan itu Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto Fauzan Hasan dalam sambutannya juga mengajak untuk memaknai Idul Adha dengan lebih meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan bisa lebih rendah hati.
“Idul Adha ditengah musibah yang terjadi hendaknya menjadi intropeksi kita bersama untuk lebih peduli dan juga meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ajak dia.

Sementara Sekretaris Panitia Hari Besar Islam (PHBI), Kepala Kantor Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra menjelaskan, untuk Idul Adha 1445 H/2024 ini, jumlah hewan kurban yang terdata sebanyak 482 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Ada pun rinciannya, Kecamatan Talawi sebanuak 111 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kecamatan Barangin 164 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Lembah Segar sebanyak 122 ekor sapi dan 3 ekor kambing serta Kecamatan Silungkang sebanyak 87 ekor sapi.
“Terjadi kenaikan jumlah hewan kurban jika dibanding pada 2023, yakni 390 ekor sapi dan 11 ekor kambing,” jelas dia.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Adha tersebar di 66 lokasi diseluruh wilayah Sawahlunto. Sementara untuk Pemerintah Kota dipusatkan di Lapangan Ombilin Sawahlunto dengan 5 Masjid cadangan jika terjadi hujan.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest