Kamis, September 19, 2024

Dinas Pariwisata Padang Dorong Desainer Lahirkan Karya Berbudaya Lokal

More articles

Padang – Dinas Pariwisata Kota Padang bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) menggelar Workshop Fashion Design selama tiga mulai Rabu (18/9/2024) sampai Jumat (20/9/2024). Kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mengembangkan potensi industri kreatif berbudaya lokal di Kota Padang.

Diikuti 50 peserta, workshop tersebut menghadirkan sejumlah narasumber desainer dan perancang busana yakni seperti Fomalhaut Zahmel, Fitri Majid, Ike Seroja, Rihendra, Yonk Richardo, dan Hj. Haslinda.

“Acara ini bertujuan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para pelaku ekonomi kreatif di bidang fashion show dalam memproduksi desain yang mempertahankan budaya lokal,” ujar Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Padang, Wirdanis di sela-sela pembukaan workshop di Mini Teater Youth Center Bagindo Aziz Chan.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bagian dari program Dinas Pariwisata dalam membina pelaku-pelaku ekonomi kreatif yang ada di Padang.

“Kita di Padang membina 17 subsektor ekonomi kreatif, salah satunya fashion show. Industei kreatif merupakan potensi ekonomi yang signifikan bagi daerah serta menciptakan iklim bisnis,” imbuhnya.

Ia menambahkan, Dinas Pariwisata telah melakukan berbagai upaya dalam ranga pembinaan ekonomi kreatif, di antaranya memberikan ruang dan tempat untuk pertunjukan seni, festival, dan pameran.

Pihaknya berharap, para peserta workshop dapat mengembangkan dan mengolah kembali bakat mereka

“Para narasumber di sini berperan sebagai motor penggerak. Kami berharap para peserta akan melaksanakan kegiatan lanjutan seperti meluncing karya dalam bentuk pameran, galeri, dan stand,” tandas Wirdanis. (Amaik/Taufik)

- Advertisement -spot_img

Latest