Bersama 4.545 Kepala Daerah, Bupati Solok Hadiri Rakornas 2023

oleh -50 Dilihat
kepala daerah
Bogor.dutametro.com.- Bupati Solok Capt.H.Epyardi Asda bersama 4.544 kepala daerah lainnya, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) kepala daerah dan forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Selasa, 17 Januari 2023, di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rakornas 2023 ini mengangkat tema ‘Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi’. Sementara itu perhelatan dikemas oleh kementerian dalam negeri RI, dan dibuka lansung oleh Presiden Joko Widodo.

Turut hadir Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, serta Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta kementerian terkait lainnya.

Dalam sambutannya Presiden menekankan capaian seluruh kepala daerah bersama Forkompimda dalam menangani Pandemi Covid-19, terkait dengan itu Presiden memberikan apresiasi.

” Kita telah berhasil menghadapi tantangan yang cukup besar, Pandemi itu terkendalikan dengan baik, serta stabilitas ekonomi juga dapat di manage, kita harus pertahankan hingga berada diposisi yang sangat baik ” sebut Presiden.

Sementara itu pada kesempatan sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian dalam laporannya menyampaikan, tingkat inflasi terkendali dengan baik, dan pertumbuhan ekonomi nasional terus menunjukan angka positif.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), per September 2022 sebesar 5,95 %. Pada Oktober 2022 turun menjadi 5,71 % dan November 2022 turun sebesar 5,40 %, lalu untuk terakhir bulan Desember terjadi kenaikan sebesar 5,51 %.

Naiknya Inflasi disebabkan karena adanya pola Demand yang bersifat situasional atau musiman, seperti perayaan Natal, tahun baru, dan sebagainya.

Penanganan dan pengendalian inflasi, yang telah dilakukan, juga diiringi dengan rapat koordinasi rutin satu kali dalam seminggu terhitung sejak Oktober 2022 hingga awal 2023. Rapat dilaksanakan secara daring bersama kepala daerah dan Forkompimda se Indonesia.

Terkait pertumbuhan ekonomi nasional, berdasarkan data BPS, Quartal ke tiga tahun 2022 mencapai angka 5,70 persen, kata Menteri Dalam Negeri RI. (F.Siska)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.