Sabtu, April 20, 2024

BKSP DPD RI Akan Kolaborasi Dengan UNRC Soal SDGs 2023

Must read

JAKARTA,dutametro.com.-Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) DPD RI berencana akan menjalin kemitraan dengan UN Resident Coordinator (UNRC)/Perwakilan PBB di Indonesia mengenai implementasi agenda 2030 tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Khususnya implementasi program-program pada level daerah.

“Kami di BKSP dan DPD RI pada prinsipnya mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia sebagai sebuah inisiatif bersama dunia, maka perencanaan dan eksekusi program SDGs perlu melibatkan banyak pihak yang memiliki perhatian dan kepedulian,” ucap Ketua BKSP DPD RI Sylviana Murni saat berkunjung ke Kantor UNRC, Jakarta, Kamis (19/1).

Senator asal DKI Jakarta ini menjelaskan DPD RI memiliki mandat untuk mengelola isu-isu otonomi, pemerintahan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, sosial dan pendidikan, serta pengawasan. Mandat tersebut kompatibel dengan 17 SDGs yang telah disepakati negara-negara anggota PBB pada tahun 2030.

“Dengan demikian kami ingin sekali mendapatkan gambaran dan masukan dari Ibu Kepala Perwakilan PBB untuk Indonesia mengenai implementasi SDGs khususnya pada level daerah dan apa saja tantangan atau hambatan untuk pencapaiannya,” kata Sylviana Murni.

Selain itu, Sekretariat BKSP DPD RI dan Kantor Perwakilan PBB untuk Indonesia juga harus diperkuat mengenai implementasi program pada level daerah. Pasalnya, DPD RI memiliki kantor-kantor perwakilan di 34 ibu kota provinsi di seluruh Indonesia yang juga dapat dijadikan sebagai mitra dan pusat informasi mengenai pelaksanaan SDGs. “Kami berharap kemitraan ini bisa segera terjalin sehingga bisa menjadikan kantor perwakilan DPD RI pusat informasi mengenai SDGs,” harap Sylviana Murni.

Sementara itu, Kepala Perwakilan PBB di Indonesia Valerie Julliand mengatakan dunia yang kita hadapi bersama sangat berbeda dengan beberapa puluh tahun lalu. Lebih khususnya perkembangan demokrasi di Indonesia. “Tentunya peran DPD RI sebagai legislatif sangat penting dalam demokrasi,” cetusnya.

Valerie juga menjelaskan salah satu perhatiannya terkait SDGs yaitu mengenai kesetaran gender. Ia melihat keterwakilan perempuan di DPD RI sudah cukup bagus. “Kita tahu SDGs sangat penting bila ada kesetaraan gender. Tentunya kami menyambut baik untuk bertemu dan berdialog dengan DPD RI karena keterwakilan perempuannya sudah bagus,” imbuhnya.

Valerie menambahkan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini tengah melakukan upaya untuk mencapai SDGs. Untuk itu pihaknya mengaku siap bila diminta bekerja sama untuk mencapai SDGs. “Kami merupakan kantor perwakilan PBB yang terdiri dari beberapa bidang sehingga bisa membantu Indonesia dalam mencapai SDGs, serta memperkuat demokrasi Indonesia,” lontarnya.

 

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article