Minggu, September 8, 2024

Prof. Ganefri, Ph.D. Pada Wisuda Periode 130 Sampaikan Pidato Dengan Judul “Implementasi Kepemimpinan Digital Di Perguruan Tinggi”

More articles

Padang, Dutametro.com – Prof. Ganefri, Ph.D. Pada Wisuda Periode 130 Sampaikan Pidato Dengan Judul “Implementasi Kepemimpinan Digital Di Perguruan Tinggi”.Secara resmi, Prof. Ganefri, Ph.D. selaku rektor UNP (Universitas Negeri Padang) membuka gelaran wisuda periode 130 pada program doktor, magister sarjana dan diploma pada hari kedua 19 Maret 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang.

Selanjutnya dalam pidatonya, rektor Universitas Negeri Padang Ganefri menyampaikan upacara wisuda Universitas Negeri Padang merupakan wisuda hari kedua dari dua hari wisuda yang digelar UNP pada periode Maret 2023 ini. Pada periode ini UNP mencatat kelulusan sebanyak 1903 orang. Dan lulusan yang hari ini akan dikukuhkan sebanyak 959 orang.

“Kami atas nama pimpinan Universitas Negeri Padang dan seluruh keluarga besar Universitas Negeri Padang menyampaikan dengan rasa bahagia dan apresiasi yang tinggi atas kelulusan wisudawan wisudawati sekaligus mengucapkan selamat atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh”, ucap Rektor.

Kemudian Ganefri juga mengharapkan dengan gelar dan prestasi dan pengetahuan yang dimiliki kami mengharapkan lulusan dari UNP terus menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan kehidupan bermasyarakat di negara kesatuan Republik Indonesia, serta terus mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara kesatuan republik Indonesia.

Selajutnya pada wisuda ke 130 ini Rektor Ganefri menyampaikan pidato yang berjudul “Implementasi Kepemimpinan Digital Di Perguruan Tinggi”. Dimana dikatakan, perkembangan teknologi dalam DKD terakhir telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai sektor kehidupan manusia.

Perkembangan teknologi komunikasi seperti internet dan media sosial telah mengubah cara manusia berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain. Disektor bisnis teknologi seperti e-commerce dan finansial teknologi telah mengubah cara konsumen melakukan pembelian dan transaksi keuangan. Disektor kesehatan teknologi medis seperti robotik dan television telah mempermudah proses diagnosis dan perawatan pasien.

Selain itu, teknologi juga telah mengubah cara manusia bekerja dan belajar dengan adopsi teknologi seperti video conference dan e-learning secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa perkembangan teknologi telah memberikan dampak positif dalam mempermudah dan meningkatkan efisiensi berbagai sektor kehidupan manusia.

Lanjutnya, teknologi juga telah mengubah cara pengajaran yang dilakukan dengan adopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis teknologi juga memungkinkan para dosen dan peneliti untuk mengakses sumber daya pendukung dan berkomunikasi dengan sesama peneliti di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan data Kementerian Pendidikan kebudayaan pada Tahun 2022 bahwa lebih dari 92% perguruan tinggi di Indonesia telah mengadopsi teknologi. Dalam pembelajaran tidak dapat terlepas dari pengaruh teknologi dan harus mampu mengaplikasikan teknologi dengan baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Oleh karena itu digital leadership atau kepemimpinan digital sangat penting untuk memastikan penerapan teknologi yang tepat dan efektif di perguruan tinggi.

Disini Rektor berharap nantinya setiap wisudawan wisudawati dapat mengikuti cara Kepemimpinan digital yang mana mengacu pada kemampuan pemimpin dan mengelola penggunaan teknologi yang berkelanjutan inovatif dan strategis dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Sc

- Advertisement -spot_img

Latest