Jumat, Juli 19, 2024

Cari Varietas Durian Termantap Solsel di Festival Durian

More articles

Solsel, dutametro.com – Durian di setiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda dan khas. Begitu juga dengan durian asal Solok Selatan yang diperlombakan dalam Kontes Durian dalam Festival Durian Solok Selatan 2024.

Kontes ini ditujukan untuk mendapatkan durian dengan rasa yang nikmat serta kualitas terbaik dari seluruh varietas durian yang ada. Untuk itu, para peserta berlomba-lomba membawa durian terbaiknya untuk bisa mendapatkan gelar raja durian di Solok Selatan ini.

Salah satu juri Kontes Durian, Sukarmin dari Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP)Tanaman Buah Tropika mengatakan Kontes Durian ini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menemukan varietas durian ‘termantap’ dari seluruh varietas yang ada di sebuah daerah.

“Total ada delapan item yang dinilai dari kulit, tekstur, daging, biji semua dinilai. [Paling penting] itu warna dan tekstur duriannya,” kata Sukarmin saat ditemui di lokasi Festival Durian, Jumat (19/4/2024).

Menurutnya, durian yang paling tinggi nilainya dan paling menarik perhatian adalah durian yang buahnya berwarna kuning cenderung ke oranye. Tak hanya rasa, tingkat ketebalan buah dan kulitnya juga menjadi pertimbangan bagi buah ini.

Kontes Durian ini menjadi salah satu ajang yang dilakukan dalam Festival Durian Solok Selatan 2024. Dilaksanakan di Pulau Mutiara, Lubuk Gadang Utara Sangir.

Terdapat tiga orang juri yang diundang untuk memastikan pemenang durian terbaik. Selain Sukarmin, juga ada akademisi dari Universitas Andalas yakni Prof. Dr. Ir. Irfan Suliansyah, MS dan Salfiati dari UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan ini sudah mulai dilaksanakan sejak Selasa (16/4/2024) mendatang dengan mengadakan berbagai kegiatan seputra durian hingga lomba memancing. Puncaknya dilaksanakan Jumat (19/4/2024) dengan berbagai kegiatan hingga makan durian bersama dengan masyarakat. (Med)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest