Minggu, Juli 21, 2024

Kemenag Sawahlunto Sembelih 11 Ekor Sapi dan 2 Ekor Kambing

More articles

Sawahlunto, dutametro.com – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Sawahlunto melakukan pemyembelihan hewan kurban sebanyak 11 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Rabu (19/6/2024). Pemotongan hewan kurban itu dibagi dalam tujuh wilayah pembagian, yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 sebanyak 1 ekor, MIN 2 sebanyak 1 ekor, MIN 3 sebanyak 2 ekor, MIS Lunto 1 ekor, Madrsah Tsnawiyah Negeri (MTsN) 1 sebanyak 2 ekor, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 ekor serta Kantor Kemenag memotong 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing.

Kepala kantor Kemenag Sawahlunto Dedi Wandra menyebut, sengaja penyembelihan hewan kurban ini disebar dan tidak berpusat pada satu titik, agar lebih memudahkan pelaksanaan dan mudah dijangkau warga sekitar.
“Pembagian daging kurban bukan hanya untuk warga Kemenag saja tetapi juga mencakup warga disekitar kantor dan sekolah-sekolah yang melakukan pemotongan hewan kurban,” jelas dia.

Lebih jauh Dedi Wandra menambahkan, perayaan Idul Adha atau hari raya kurban merupakan momen bagi umat muslim untuk berbagi dengan sesama sehingga dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan rasa sosial serta persatuan dan kesatuan.
“Meneladani keluarga Nabi Ibrahim dengan semua nilai nilai kesabaran, keihlasan dan cintanya kepada Allah SWT, hendaknya bisa menjadi contoh keluarga muslim di Sawahlunto untuk senantiasa meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dalam melaksanakan ibadah kurban di Idul Adha,” sebut dia.

Disinggung jumlah hewan kurban se kota Sawahlunto, Dedi menjelaskan, total di Idul Adha 1445 H/2024, sebanyak 482 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Ada pun rinciannya, Kecamatan Talawi sebanyak 111 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kecamatan Barangin 164 ekor sapi dan 16 ekor kambing. Lembah Segar sebanyak 122 ekor sapi dan 3 ekor kambing serta Kecamatan Silungkang sebanyak 87 ekor sapi.(rki)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest