Pemkab Nias Adakan Pelatihan Strategi Pemasaran Produk Bagi Pelaku UMKM

oleh -70 Dilihat
Pemerintah Kabupaten Nias melalui Dinas Koperasi, Usaha kecil dan Menengah, Perdagangan Serta Ketenagakerjaan mengadakan pelatihan strategi pemasaran produk bagi pelaku UMKM di Kabupaten Nias yang dilaksanakan di aula pertemuan Kristus Paroki Raja Gido. Senin, 19/09/2022.

Pada laporan panitia oleh Kepala Dinas Koperasi, Usaha kecil dan menengah, perdagangan serta ketenagakerjaan oleh Firmina A Halawa, SE mengatakan kegiatan kita ini merupakan peningkatan pemahaman dan pengetahuan UKM serta kapasitas dan kompetenai SDM UKM.” lapornya

Pada bimbingan Bupati Nias Yaatulo Gulo mengatakan Pelatihan adalah suatu proses pendidikan jangka pendek.

“Salah satu faktor penyebab kegagalan wirausaha adalah kurangnya memiliki kemampuan pemasaran dan tidak mampu melihat atau memanfaatkan peluang yang ada sehingga dapat mengakibatkan fokus tujuan tidak jelas. Memiliki daya saing yang lemah, tidak bisa meminimalisir resiko, pengelolaan hasil usaha tidak optimal bahkan sering bertukar-tukarnya jenis usaha atau kurang percaya diri atas keberhasilan jenis usaha yang sedang dijalankan.” ucapnya

Masih arahan Bupati Nias mengatakan melalui pelatihan ini saya berpesan

“Pemkab Nias melalui anggaran DAK Nonfisik Peningkatan Kapasitas, Koperasi Usaha Mikro dan Kecil (PK2UMK) melaksanakan pelatihan agar peserta pelatihan dapat memahami maksud, tujuan dan teknik dari strategi pemasaran. Saya juga berpesan, Pertama. Kepada penyelenggara kegiatan, ini bukan hanya sekedar kegiatan menghabiskan anggaran tapi berkelanjutan untuk perkembangan UMKM di Kabupaten Nias, Kedua. Kepada narasumber kiranya memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuannya yang dimiliki sehingga peserta mampu memahami apa yang disajikan, Ketiga. Kepada para peserta diharapkan mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dari awal sampai selesai dan ditanyakan langsung kepada narasumber yang masih kurang dipahami dan supaya pengetahuan yang didapat dari pelatihan ini langsung diimplementasikan pada usahanya masing-masing.” pesannya.

Tampak setelah Bupati Nias menyampakan arahan dan bimbingan langsung membuka secara resmi pelatihan tersebut.

Sementara yang menjadi narasumber Pelatihan tersebut adalah Ajulio Padly Sembiring, ST., M.Kom Dosen Politekni Negeri Medan yang dilaksanakan selama tiga (3) hari dari tanggal 19 -21 september 2022 dan diikuti pelaku UMKM di Kabupaten Nias sebanyak 25 orang. (Herman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.