Richi Aprian : Makmurkan Masjid dengan Mengembalikan Fungsinya

oleh -57 Dilihat

Tanah Datar, Dutametro – Wakil Bupati Richi Aprian resmikan masjid Jami’ Jamaah Syathariyah Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh ditandai dengan pembukaan tirai nama masjid dan solat dzuhur berjamaah, Minggu (20/3/2022).

Pada acara tersebut juga hadir ketua TP PKK Provinsi Sumbar yang juga Isteri Gubernur Sumbar Harneli Bahar, Ketua GOW Tanah Datar dan isteri Wakil Bupati Ny. Patty Richi Aprian, anggota DPRD Tanah Datar, kepala Kemenag Tanah Datar, Kepala Bagian Kesra, Camat Batipuh dan Forkopimca, Wali Nagari dan tokoh masyarakat setempat.

Wabup Richi Aprian sampaikan, selamat kepada jamaah syathariyah dan masyarakat nagari andaleh atas selesainya pembangunan dan di resmikan.

“Dengan telah diresmikan masjid Jami di himbau untuk ramaikan dan makmurkan masjid dengan mengembalikan fungsi masjid sebagai sentra pembinaan agama dan menyatukan kebersamaan menuju kekompakan untuk membangun ekonomi kemasyarakatan,” sampai Wabup.

Richi juga menyampaikan bahwa Masjid sebagai sentral pendidikan, maka pergunakanlah masjid untuk menyiarkan agama, agar di Nagari Andaleh bisa melahirkan Hafidz dan hafidzah yang bisa mengharumkan nama nagari dan kabupaten nanti.

Wabup Richi Aprian berharap kepada pengurus untuk membuka masjid 24 jam dan harus transparan pelaporan keuangan.

Pada kesempatan itu istri Gubernur Sumbar Harneli Bahar juga harapkan masjid ini dapat menghasilkan generasi qurani dan akan membina generasi robani.

“Selamat kepada jamaah,semoga dapat mengantarkan generasi robani dan manfaatkan masjid untuk kegiatan keagamaan,” pesan Umi Harneli.

Sebelumnya Tokoh masyarakat selaku anggota DPRD Nova Hendria Dt Pado Kayo sampaikan pembangunan masjid ini di awali karena masjid al mubarak runtuh dan tidak layak untuk beribadah karena gempa. berdasarkan kesepakatan bersama mendirikan masjid jami di mulai tahun 2009 alhamdulillah akhir tahun 2021 selesai.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembangunan masjid diantaranya perantau, masyarakat dan pemerintah daerah, dengan telah diresmikan masjid ini mari ramaikan dengan jamaah dan kegiatan keagamaan, “ pungkasnya.

Pengurus masjid Jami’ Jasmi dt Sinaro Mudo laporkan, masjid mulai dibangun pasca gempa 2009 dan selesai pada akhir tahun 2021 sekaligus dikeluarkan izin dari kementerian agama tanah datar pada 31 Desember 2021 yang dibangun di atas tanah wakaf seluas 1164 m2.

Jasmi tambahkan, untuk kepengurusan sudah ditetapkan dan telah bergerak cepat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan di masjid yaitu TPA, remaja masjid, majelis taklim dan santuni anak yatim. (Prokopim/mnh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.