Senin, Juli 22, 2024

Raih Top BUMD Awards 2024: Bupati Eka Putra, Ini Perdana Untuk BUMD Kita

More articles

Jakarta, dutametro.com – Lagi dan lagi, di bulan yang penuh berkah bulan suci Ramadhan 1445 H, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM meraih prestasi berupa penghargaan TOP BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan majalah Top Business yang bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis lainnya.

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Eka Putra selaku Pembina BUMD dan Muhammad Nazwir selaku Direktur Perumda Air Minum Tirta Alami pada saat acara pemberian penghargaan BUMD Awards 2024 di Dian Ballroom-Hotel Rafles Jakarta, Rabu (20/03/2024).

Penghargaan yang diterima Bupati Eka Putra tersebut tidak terlepas dari perannya selaku Bupati yang mampu memberikan perhatian serius dalam pembinaan BUMD, dalan hal ini Perumda Air Minum Tirta Alami Tanah Datar.

Dari hasil penilaian yang dilakukan secara objektif itu Tanah Datar meraih kategori Top Pembina BUMD Awards 2024 yang diraih Bupati Eka Putra, Top BUMD Awards 2024 Perumda Air Minum Tirta Alami (Bintang 4) dan Top CEO BUMD Ewords 2024 yang diraih Direktur Perumda Air Minum Tirta Alami Muhammad Nazwir.

“Alhamdulillah, kita kembali meraih penghargaan di tingkat Nasional yaitu TOP BUMD Awards 2024 yang diselenggarakan Majalah Top Busines dan i-OTDA. Dari itu, Saya sangat mengapresiasi kinerja BUMD Perumda Air Minum Tirta Alami dan ini yang perdana kita dapatkan untuk Kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Sijunjung. Sementara, untuk kota ada Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto dan Kota Payakumbuh,” ucap Bupati Eka Putra usai menerima penghargaan tersebut.

Bupati Eka Putra berharap, dengan diraihnya penghargaan tersebut dapat memotivasi Perumda Air Minum Tirta Alami untuk lebih meningkatkan motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Ditahun 2024 ini kita mendapatkan klasifikasi bintang 4 (empat), semoga tahun depan bisa ditingkatkan mencapai bintang 5 (lima). Kepada masyarakat dan pelanggan, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan atensinya terhadap BUMD kita dan kita juga berharap masukan dan saran agar BUMD kita makin maju dan lebih baik lagi kedepan,” ujarnya.

Sebelumnya Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Horas Maurits Panjaitan katakan tujuan pendirian BUMD disetiap daerah antara lain adalah untuk menopang pembangunan daerah khususnya dan pembangunan ekonomi nasional secara umum dan memenuhi kebutuhan masyarakat menuju adil dan makmur.

Top BUMD Awards merupakan penghargaan yang diberikan kepada BUMD-BUMD terbaik di Indonesia termasuk BLUD dan Dinas yang terkait BUMD atas Achievement (prestasi), improvement (perbaikan), dan contribution (kontribusi) BUMD yang telah dilakukan terkait kinerja bisnis, pelayanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Ditempat yang sama, Direktur Perumda Air Minum Tirta Alami Muhammad Nazwir mengatakan berdasarkan buku kinerja BUMD Air Minum Kementerian PUPR Perumda Tirta Alami raih peringkat 6 nilai kinerja BUMD Air Minum Provinsi Sumatera Barat kategori sehat dan FCR dan juara II Monev Keterbukaan Informasi Publik dari KIP Sumbar.

Dan saat ini untuk memudahkan pelayanan masyarakat Perumda Tirta Alami terus berbenah dan terus memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat seperti memanfaatkan kemajuan teknologi yaitu pembayaran tagihan secara online dan tenan di Mall Pelayanan Publik (MPP)

“Untuk pembayaran tagihan di TENAN sudah ada kerjasama dengan berbagai mitra, dan pengaduan bagi pelanggan pun sudah terintegrasi sehingga cepat direspon petugas unit atau tim Layanan Cepat Tanggap (LCT) yang juga sudah disiapkan Perumda Air Minum Tirta Alami,” ucap Nazwir yang akrab disapa Mak Win tersebut.

Mak Win juga katakan saat ini di Website perumda https://perumdamtirtaalamitd.com juga sudah ada beberapa fitur layanan yang disediakan seperti cek tagihan, pendaftaran sambungan baru, permohonan layanan cepat tanggap, air tanki, perubahan data dan pasang kembali dan layanan pengaduan secara online.

“Terima kasih kepada Bupati Tanah Datar Bapak Eka Putra yang terus membina dan OPD terkait serta stake holder yang juga memberikan dukungan terhadap kinerja Perumda, sehingga mendapatkan penghargaan perdana Top BUMD Award ini,“ sampainya.

Mak Win juga sebut untuk layanan pengaduan terintegrasi, masyarakat dapat melakukan pengaduan melalui Website, Whatsapp atau di MPP kita di Kota Batusangkar, dan juga progres pengaduan dapat dilakukan pengecekan di website Perumda. Mnh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest