Selasa, Juli 16, 2024

TIGA INSTANSI TANDA TANGANI KOMITMEN BERSAMA CEGAH STUNTING DARI HULU

More articles

PADANG PANJANG, dutametro.com – Sebagai upaya pencegahan stunting dari hulu, tiga instansi lakukan penandatanganan Komitmen Bersama Pendampingan Konseling dan Pemeriksaan Kesehatan Tiga Bulan Pranikah, Kamis (21/3) di Aula Dinas Sosial PPKBPPPA.
Ketiga instansi tersebut yaitu, Dinas Sosial PPKBPPA, Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Padang Panjang.

Kepala Dinas Sosial PPKBPPA, Drs. Osman Bin Nur, M.Si menyampaikan, komitmen bersama ini merupakan upaya mencegah stunting di Padang Panjang. “Pencegahan stunting sudah harus dilalukan dari hulu. Niatnya yaitu mencegah stunting sejak awal.

Ini akan berhasil ketika pengaplikasiannya yang berada di tingkat kelurahan dan kecamatan betul-betul dapat berjalan dengan baik. Ketika satu pasangan akan mengurus suatu pernikahan tentu akan datang ke kelurahan. Kita berharap kerja sama ini benar benar dapat diimplementasikan,” ungkapnya.

Kepala Dinkes, dr. Faizah menyampaikan, kerja sama dalam pencegahan dan penurunan angka stunting sudah menjadi suatu keharusan. “Sejak 2017 Dinkes telah bekerja sama dengan KUA Padang Panjang Barat dan Timur dalam skrining calon pengantin.
Sejak gencarnya stunting pada 2021 dan 2022, ini mulai ‘dipasamoan’.

Angka stunting yang tinggi di Indonesia maka semua pihak perlu berkolaborasi,” jelasnya.
Menurut penelitian, tambahnya, stunting sudah bisa dicegah sejak calon ibu berada diusia remaja.

“Selain itu kita bisa intervensi spesifik pada anak diusia 0- 2 tahun. Kalau gizinya baik, maka perkembangan otaknya akan maksimal. Semua lintas sektor harus terlibat dan kita harap angka stunting ini terus turun bahkan tidak ada lagi di Padang Panjang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag, Drs. Alizar, M.Ag mengaku menjadi pihak yang paling diuntungkan dengan komitmen bersama ini. “Kami tahu dalam kajian Islam proses melahirkan itu sangat menakjubkan, perencanaannya itu sudah dilakukan jauh sebelumnya.

Dengan komitmen ini, kita akan berusaha maksimal memberikan warna khusus terutama bagi generasi. Kita sangat mengapresiasi kerja sama ini mudah-mudahan memberikan dampak bagi generasi ke depan,” harapnya. …. (pul/ andes)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest