Minggu, Februari 25, 2024

Pertama Kali Secara Digital, Bupati Hadiri Penyerahan DIPA dan TKD TA 2024

Must read

Lubuk Basung, dutametro.com– Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Drs Edi Busti MSi menghadiri penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun 2024 di Wilayah KPPN Bukittinggi.

Penyerahan ini dilakukan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bukittinggi Khairil Indra, kepada Drs Edi Busti MSi, dengan cara penekanan touch screen di Aula Kantor Bupati Agam, Jumat (22/12).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyerahan DIPA dan TKD tahun anggaran 2024 dilakukan pertama kalinya secara digital, dengan mengangkat tema “Mempercepat Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan,”.

Kepala KPPN Bukittinggi, Khairil Indra menjelaskan, penyerahan hibah DIPA dan TKD tersebut merupakan simbol dimulainya pelaksanaan APBN 2024.

Diharapkannya dapat mempercepat transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, melalui optimalisasi dan langkah-langkah yang strategis.

Untuk itu, tambahnya perekonomian nasional sangat diandalkan dalam menghadapi berbagai gejolak yang terjadi. Langkah-langkah pemulihan ekonomi diantaranya adalah sinergi yang kuat antara pusat dan daerah dalam memulihkan kembali kesejahteraan serta menyelaraskan pembangunan.

“Penyerahan secara digital ini juga kita lakukan dengan alasan bahwa kita tidak bisa tergantung pada alokasi transfer ke rekening saja. Masih banyak alternatif yang dapat dilakukan untuk mendukung pembiayaan keuangan daerah. Mari kita komitmen mengoptimalkan jalur-jalur lain yang dapat kita lakukan,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Drs Edi Busti mengatakan, penyerahan DIPA ini merupakan komitmen dan langkah nyata pemerintah agar pelaksanaan pembangunan dan pencairan APBN khususnya di Kabupaten Agam dapat dimulai lebih awal.

“Ini memberikan manfaat yang lebih cepat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Agam, terutama pemulihan ekonomi dan penanganan sektor kesehatan serta lainnya,” ujarnya.

Saat ini, tambahnya pemerintah secara simbolis telah menyerahkan DIPA tahun 2024 kepada 39 satuan kerja yang ada di lingkup Kabupaten Agam.

Diakhir acara tersebut, dilanjutkan penyerahan tiga piagam penghargaan dari Kepala KPPN Bukittinggi Khairil Indra kepada Bupati Agam diwakili Sekretaris Daerah Drs. Edi Busti M.Si, yang disaksikan oleh Kepala Bekauda Kabupaten Agam Hendri G dan OPD lainnya.

Piagam penghargaan yang diterima itu terkait pemerintah daerah dengan penyaluran dana desa tercepat pada tahun 2023. Kemudian pemerintah daerah dengan realisasi dana desa terbaik tahun 2023, dan pemerintah daerah dalam penyelesaian tercepat rekonsiliasi pajak pusat atas belanja daerah periode semester I tahun 2023. Jonata

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article