Gelar Musrenbang Penyusunan RKPD 2023, Ketua DPRD Agam Jadi Narasumber

oleh -66 Dilihat

Ketua DPRD Kabupaten Agam Dr. Novi Irwan, S.Pd, MM menjadi narasumber pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Agam Tahun 2023, di Aula Bappeda Agam, Rabu (23/3).

Pada kesempatan itu, Novi Irwan mengatakan dalam penyusunan RKPD Tahun 2023 harus berpedoman pada RPJPD 2005-2025 dan Permendagri tentang Penyusunan RKPD 2023, memperhatikan Rancangan RKP Nasional dan RKPD Provinsi Tahun 2023.

“Selanjutnya, meningkatkan singkronisasi kebijakan pembangunan mulai dari tingkat nagari sampai pusat. Selain itu, RKPD Tahun 2023 juga disusun dengan menggunakan rincian belanja dengan meningkatkan efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran,” kata Ketua DPRD Agam itu.

Novi Irwan juga mengatakan, Penyusunan RKPD 2023 juga perlu memperhatikan isu strategis daerah dari berbagai aspek, seperti aspek penyelenggaraan pemerintah, aspek ekonomi, aspek pembangunan infrastruktur dan tata ruang, aspek lingkungan hidup, aspek pembangunan sumber daya manusia, dan aspek agama dan adat.

“Pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, masih lemahnya sistem akuntabilitas kinerja Pemerintah Daerah dan reformasi birokrasi, belum optimalnya singkronisasi kebijakan Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Nagari dalam mencapai sasaran pembangunan daerah,” ungkapnya.

Pada aspek ekonomi, pertumbuhan ekonomi melambat tajam dalam waktu singkat, sementara untuk tumbuh kembali memerlukan sumber daya yang sangat besar, sektor pariwisata diharapkan dapat menjadi lokomotif ekonomi.

Selanjutnya, pada aspek pembangunan infrastruktur dan tata ruang juga perlu diperhatikan penerapan tata ruang yang belum optimal, dan masih belum meratanya pembangunan infrastruktur. Pada aspek lingkungan hidup, alih fungsi lahan yang belum terkelola dengan baik, penurunan kualitas lingkungan akibat pencemaran air Danau Maninjau yang mengancam kelangsungan biota danau.

Acara berjalan dengan lancar hadir secara langsung, Drs Feri Adrianto, Drs Ais Bakri,M.M, Erdinal,S.Sos dan Yopi Eka Androni,SE,ST, dan tak ketinggalan secara virtual hadir Beberapa orang anggota DPRD Anggota DPRD Agam.

(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.