Senin, Juli 22, 2024

Kunjungi Masjid Ihsan Koto Baru, Bupati Eka Putra Sampaikan Program Berobat Gratis

More articles

Batu Basa, dutametro.com – Dalam kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR) Khususnya ke Masjid Ihsan Jorong Koto Baru Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan, Jum’at (22/3/2024), Bupati Eka Putra memaparkan Program Unggulan (Progul) yang telah dilaksanakan selama 3 tahun 2 bulan masa jabatannya.

“Selama 3,2 tahun memimpin Tanah Datar telah cukup banyak Progul yang dilaksanakan, ada Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah, Satu Nagari Satu Event, Bajak Sawah Secara Gratis, Pemberantasan rentenir, Asuransi Padi/Ternak dan lainnya, Insya Allah akan terus kita lanjutnya ke depannya dan mohon dukungan semua masyarakat Tanah Datar,” ujarnya.

Selain Progul yang telah dicanangkan itu, tambah Bupati, tahun ini juga dilaksanakan Program Berobat Gratis di RSUD M. Ali Hanafiah.

“Saya tidak ingin masyarakat Tanah Datar, khususnya yang kurang mampu ataupun yang memiliki BPJS namun menunggak tidak memperoleh layanan kesehatan atau berobat, karena itu kita programkan Berobat Gratis, kalau tidak tertangani di RSUD M. Ali Hanafiah, akan kita rujuk ke rumah sakit lainnya,” sampai Eka Putra.

Kemudian, Bupati juga menyinggung tentang permasalahan jalan yang ada di Tanah Datar, terutama jalan-jalan di 7 pintu masuk ke Tanah Datar.

“Sebanyak 7 pintu masuk, ruas jalan ombilin ke Batusangkar, Kubu Kerambil ke Batusangkar, Baso ke Batusangkar, Piladang ke Batusangkar, Payakumbuh ke Lintau, Sijunjung ke Sitangkai dan Talawi ke Batungkar sedang rusak. Ini merupakan ruas jalan provinsi yang menjadi kewenangan untuk diperbaiki,” ujsrnya.

Dikatakan Eka Putra lagi, ia bersama instansi terkait terus berupaya ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan ke Pemerintah Pusat untuk segera memperbaiki jalan kewenangan Provinsi Sumbar yang berada di wilayah Tanah Datar.

“Kita terus berkoordinasi dan berupaya sekuat tenaga ke Pemprov Sumbar dan Pemerintah Pusat untuk akses jalan ini, do’akan dan dukung kami untuk terus berjuang agar perbaikan jalan ini segera terealisasi,” ujarnya.

Sebelumnya Pengurus Masjid M. Taufik Dt. Malano Basa menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih menunjuk masjid Ihsan sebagai salah satu masjid menjadi kunjungan TSR Khusus Bupati.

“Kunjungan ini menjadi kebanggaan bagi kami, karena dari sekian masjid yang ada di Tanah Datar, masjid kami ini menjadi salah satu yang dikunjungi TSR Khusus pak Bupati. Dan kami menyampaikan maaf sekiranya jamuan berbuka bagi TSR ada kekurangan,” sampainya.

Dikatakan Taufik, pelaksanaan kegiatan keagamaan di masjid berjalan baik dan masyarakat sangat kompak.

“Semenjak 1990-an, di masjid ini terus membentuk tim kepengurusan ramadan yang nantinya akan mengurus keuangan dan kegiatan selama ramadan, nantinya akan diserahkan kembali selepas lebaran, ini bertujuan untuk pengkaderan di masjid kami ini, alhamdulillah semua berjalan baik dan lancar,” sampainya.

Hal hampir sama disampaikan Wali Nagari Batu Basa Baiturrahmad Z yang menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada TSR Khusus pimpinan Bupati Tanah Datar.

“Terima kasih pak atas kunjungan TSR Khusus ke jorong Koto Baru ini, yang merupakan salah satu jorong di Nagari Batu Basa yang masyarakatnya selalu kompak,” ujarnya.

Baiturrahmad di kesempatan itu juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaan atas prestasi dan penghargaan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra.

“Saya tahu beliau baru balik dari Jakarta karena meraih penghargaan dalam pembinaan BUMD di Tanah Datar, dan ini menjadi salah satu penghargaan yang beliau terima dalam sebulan terakhir. Selamat pak, semoga terus sehat dan memimpin kami ke depan,” tukasnya.

Di kesempatan itu Bupati Eka Putra menyerahkan bantuan Rp15 juta, 1 unit Vacum Cleaner dan bantuan biaya berbuka pusa Rp1,6 juta.

Turut hadir staf ahli bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kadis Parpora, Kadis Pangan dan Perikanan, Kaban Kesbangpol, Sekretaris dan Kabid di Satpol PP, Kabag Prokopim, Kabag Umum, Bagian Kesra dan beberapa tim lainnya. Mnh

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest