Jumat, April 12, 2024

Antara Tugas Dan Adab

Must read

Dutametro.com–Antara Tugas Dan Adab.Malam ini udara di sebuah kota terasa sangat dingin. Karena kota tersebut memang terkenal dengan udaranya yang dingin. Di salah satu rumah sakit ternama di kota tersebut ada beberapa keluarga pasien yang sedang menunggu keluarganya yang sedang sakit atau dirawat.

Di salah satu kamar ada seorang pasien yang sedang dirawat hampir 20 hari. Dan di depan kamar itu juga ada pasien yang sedang dirawat tidak bisa apa-apa dan butuh ditunggui 2 orang. Di sampingnya juga ada yang didampingi dua orang karena sang pasien tidak bisa ditunggu sendiri karena kalau ada apa-apa harus 2 orang yang membimbing pasien tersebut. Jadi total 4 orang yang berada di dalam menunggui pasien tersebut.

Kemudian lain lagi cerita pasien yang sudah hampir 20 hari dirawat. Kamar beliau agak besar karena di dalam itu hanya beliau sendiri pasiennya. Malam itu beliau kedatangan cucu-cucu beliau dari luar daerah. Kebetulan cucu-cucu tersebut baru kali ini datang karena sekolahnya di luar kota. Seperti ada yang di Pulau Jawa, karena mereka rindu neneknya dan ingin tidur bersama neneknya untuk malam ini, dia datang bersama ayah dan bundanya, kalau ayah dan bundanya minggu sebelumnya sudah di rumah sakit menunggu neneknya.

Di luar malam itu suasana bertambah dingin karena jam sudah menunjukan jam 23.00 lewat. Di luar rumah sakit tersebut juga sudah sepi dan suasana hening terasa sesekali dengan terdengarnya suara mobil lewat.

Di kamar nenek itu tertidur cucu-cucu nenek dan juga ayah dari cucu nenek yang sangat lelah. Terbangun salah satu cucu dan ibunya sedang duduk disamping nenek, tidak lama datang ketuk-ketuk pintu, dibuka oleh sang cucu, tetnyata yang ketuk pintu sang satpam dengan tampang tidak bersahabat dan berkata mengarah ke kamar, tidak bisa lebih dari 2 orang harus keluar sekarang tanpa terlihat santunnya dan dengan mimik seolah-olah marah pada orang-orang yang ada di dalam kamar tersebut.

Mendengar kata-kata itu terbangun sang ayah cucu nenek tersebut, langsung menemui orang yang menyuruh keluar tadi, dan bertanya pada satpam, karena hari telah menunjukan jam 24.00 wib, ayah tersebut memohon kepada satpam, karena hari sudah tengah malam dan tidak mungkin membangunkan anak-anak yang telah tidur pulas, sang satpam membawa ketempat perawat dan menyuruh kepada sang ayah itu sampai untuk bertanya pada satpam, sang perawat bilang yang di satpam pak, itu kata perawat tersebut,

sang ayah bertanya lagi gimana pak karena hari tengah malam izin kami malam ini, dengan mimik tegas satpam jawab tidak bisa harus keluar sekarang, sang ayah bilang sama satpam terima kasih bapak atas jawaban bapak, masih banyak kata-kata yang baik bapak bisa bilang dan saya tahu ini tugas bapak tapi cara bapak itu yang tidak baik, keramahan bapak tidak ada mudah-mudahan tidak ada yang lain yang mengalami seperti saya ini, ungkap sang ayah dari cucu-cucu nenek itu.

Sang ayah itu berjalan keluar dari kawasan rumah sakit itu dan ketemu orang di halaman rumah sakit itu, rupanya hal yang sama juga dialami pada orang itu.

Sebaiknya walaupun itu salah orang yang melebihi isi kamar kalau dikatakan dengan santun dan ramah pasti orang tidak akan kecewa dan pasti mau terima. Sang ayah malam itu tetap berusaha sabar walaupun perilaku satpam sangat beliau benci.

Ayo menjadi orang yang santun dan beradab !

Penulis: Hasneril, SE

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article