Minggu, September 8, 2024

Kerukunan Bubuhan Banjar Kabupaten Pulang Pisau Tampilkan Pergelaran Budaya Parade Musik Etnik

More articles

PULANG PISAU,dutametro.com. – Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Kabupaten Pulang Pisau mengadakan Pergelaran Budaya (Parade Musik Etnik), dengan tema “Harmonis dalam Keberagaman”. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Stadion H.M. Sanusi, Selasa (22/8/2023) malam.

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Pudjirustaty Narang yang diwakili oleh Asisten lll, Kapolres, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Pengadilan Agama, Kajari, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah, Ketua MUI sekaligus dewan pembina KBB Pulang Pisau, Ketua Dewan Adat Dayak, Damang Kahayan Hilir, Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak, Perkumpulan Pemuda Dayak, Forum Pemuda Dayak, serta tokoh masyarakat adat lainnya.

“Sebagai bangsa yang besar dan terdiri dari berbagai macam suku di Nusantara ini, tentu kita memiliki adat dan budaya yang berbeda. Namun, dengan diselenggarakannya Pergelaran Budaya Parade Musik Etnik ini, dapat mempersatukan perbedaan dan mempererat silaturahmi antarsuku yang ada di Kabupaten Pulang Pisau, melalui tajuk ‘Harmonis dalam Keberagaman’,” kata H. Ahmad Fadli Rahman, S.Ag., Ketua KBB Pulang Pisau.

Ia pun menegaskan, bahwa sebagai orang Banjar, pihaknya sangat memegang teguh falsafah “Di Mana Bumi Dipijak, di Situ Langit di Junjung”.

“Hingga usia ke-21 tahun Kabupaten Pulang Pisau, sejauh ini suasana kerukunan di Bumi Handep Hapakat tetap terjaga dengan baik. Oleh sebab itu, harapan ke depannya, hubungan baik akan terus terjalin, sehingga terciptanya persatuan dan demi kemajuan daerah,” tegas H. Ahmad Fadli Rahman yang juga Wakil Ketua l DPRD Pulang Pisau tersebut.

Melalui penampilan ragam budaya daerah yang dikemas nuansa modern ini, ia berharap generasi muda dapat terus melestarikan adat budaya dari setiap suku yang ada di Pulang Pisau

“Semoga kegiatan yang berlangsung ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi kerukunan suku di wilayah Pulang Pisau,” harapnya.

H. Ahmad Fadli Rahman turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait, yang telah ikut mendukung kelancaran acara.( RD)

- Advertisement -spot_img

Latest