Ketua DPRD Sumbar Supardi dan Wakil Ketua Irsyad Syafar Mendapat Penghargaan Tokoh Inspiratif Panyiaran

oleh -93 Dilihat

Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), sukses menggelar Anugerah KPID Sumbar 2021, Selasa (21/12). Pada pagelaran yang dilaksanakan di Aula Kantor Gubernur tersebut, Ketua DPRD Sumbar Supardi dan Wakil Ketua Irsyad Syafar diganjar penghargaan sebagai tokoh inspiratif penyiaran.
Terkait penghargaan kategori tersebut, Supardi saat diwawancarai, Rabu (22/12) mengatakan  terimakasih terhadap penghargaan sebagai tokoh inspiratif penyiaran yang telah diberikan. Berangkat dari hal ini, Supardi berharap KPID terus melaksanakan kinerja terbaik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), tidak hanya melakukan pengawasan namun juga memberikan sentuhan inovasi dalam memberikan penyiaran yang  sehat.
“ Terus terang penghargaan ini berkesan bagi saya pribadi, namun masih banyak tokoh-tokoh yang lebih layak dari saya. Kedapan para penerima award, bisa mendorong dan menguatkan KPID secara kelembagaan dalam menjalankan tupoksi,” kata Supardi.
 
Dia mengatakan, penyiaran merupakan corong informasi sebagian besar masyarakat Sumbar, dengan menciptakan penyiaran sehat dan jauh dari HOAX. Akan membantu program pemerintah dalam mengedukasi hal-hal yang  bersifat membangun.  Terkait penyiaran, sangat dekat dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang tengah dibahas DPRD bersama Pemerintah Provinsi Sumbar yaitu tentang Keterbukan Informasi Publik dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, Ranperda tersebut merupakan usul prakarsa DPRD Sumbar  dengan tim pembahas komisi I.
 
Ranperda ini, bertujuan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, dan memberikan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan daerah. 
 Ia menturkan, terkait dengan materi muatan Ranperda, cakupannya akan lebih banyak mengatur tentang penyelenggaraan keterbukaan informasi publik yang sejalan dengan nilai-nilai kearifan lokal. 
“Dengan adanya Ranperda ini, maka hak-hak masyarakat terhadap informasi publik akan dapat lebih ditingkatkan.Tentunya dengan tetap memperhatikan cakupan informasi yang bersifat rahasia, atau informasi yang masih dalam proses,” kata Supardi
Senada dengan Ketua DPRD Sumbar Supardi, Wakil Ketua Irsyad Syafar juga mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Dia menilai, anugerah tersebut merupakan amanah besar karena tanggung jawab yang telah menanti seiring penghargaan tersebut.
“Ini merupakan amanah yang sangat besar karena dibalik penghargaan ini ada tanggung jawab yang besar bagi saya untuk memperjuangkan terwujudnya keterbukaan informasi dan terwujudnya lembaga penyiaran yang informatif dan mendidik melalui sokongan terhadap lembaga ini,” ungkapnya.
Meski tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut, Irsyad berjanji akan terus meningkatkan kualitas diri dan kinerja sebagai anggota DPRD. Menurutnya, ada sebuah tanggung jawab moril yang besar di balik sebuah penghargaan, bukan sekedar seremonial belaka.
Sementara Itu Ketua KPID Sumbar Afriendi Sikumbang, mengatakan suksesnya gelaran tersebut tak terlepas dari dukungan semua pihak. Kategori Inspiratif penyiaran merupakan penghargaan yang diberikan untuk tokoh public yang ada berada eksekutif maupun legislatif, Penghargaan ini tidak hanya diberikan kepada Ketua DPRD Sumbar maupun Wakil Ketua DPRD Sumbar.
Berikut tokoh-tokoh yang mendapatkan penghargaan dari kategori tersebut.  H. Mahyeldi Ansharullah, SP (Gubernur Sumbar), Audy Joinaldy (Wakil Gubernur Sumbar), Hj. Nevi Zuairina (Anggota DPR RI), Leonardy Harmaini (Ketua Badan Kehormatan DPD RI), Supardi (Ketua DPRD Prov. Sumbar) dan Irsyad Syafar, LC ., M.ED (Wakil Ketua DPRD Prov. Sumbar)
 
Penghargaan untuk Ketegori Program Berita Terbaik, Radio CLASSY FM dan Televisi INEWS PADANG, sementara itu untuk kategori Program Anak Terbaik Radio RRI PADANG dan Televisi TVRI Sumbar.  Untuk kategori tokoh Peduli Penyiaran Evi Yandri Rajo Budiman (Wakil Ketua Komisi I DPRD Prov. Sumbar), Firdaus (Anggota Komisi I DPRD Prov. Sumbar),  Delliyarti, SH., SE., AK., CA., CFRA (Kepala Bakeuda Prov. Sumbar). Kepala Daerah Peduli Penyiaran : Bp. Benny Utama, SH, MM (Bupati Kabupaten Pasaman)
 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.