Minggu, September 8, 2024

Cegah Penyakit Polio, Babinsa Kodim HST Pendampingan Pekan Imunisasi Nasional Polio

More articles

BARABAI,dutametro.com.-Babinsa dari Kodim 1002/Hulu Sungai Tengah menunjukkan dedikasi mereka terhadap kesehatan masyarakat dengan memantau langsung Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN Polio) di wilayah binaan mereka pada hari Selasa (24/07).

Menurut Danramil Haruyan Lettu Czi M. Singgih, Babinsa dari Koramil 1002-03/Haruyan mendampingi pelaksanaan PIN Polio di lima desa binaan, yaitu Desa Barikin, Desa Pengambau Hilir Luar, Desa Tabat Padang, Desa Lok Buntar, dan Desa Pengambau Hulu.

Kehadiran Babinsa ini mencerminkan komitmen TNI dalam mendukung upaya pemerintah di bidang kesehatan masyarakat, dengan memastikan pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Danramil Haruyan juga menekankan pentingnya kolaborasi antara TNI AD, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, dan Pemerintah Desa untuk menjamin kesuksesan program imunisasi.

Kepala Puskesmas Haruyan Muhammad Rusmadi,SKM, menyampaikan bahwa sedikitnya 20 anak usia 0-7 tahun di setiap desa mendapatkan imunisasi polio, 10 anak di setiap desa Sekolah Dasar (SD), dan 15 anak di setiap desa PAUD mendapatkan imunisasi tetes polio.

Secara total, Puskesmas Haruyan memberikan imunisasi polio kepada 225 anak usia 0-7 tahun dari lima desa pada hari itu.

Kepala Puskesmas Haruyan mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Koramil Haruyan atas pendampingan mereka dalam kegiatan imunisasi polio, yang membantu kelancaran dan keamanan pelaksanaannya.

Lebih lanjut Muhammad Rusmadi menyampaikan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama berlangsung dari tanggal 23 hingga 29 Juli 2024.

Putaran kedua PIN Polio akan dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 12 Agustus 2024.
Sasaran PIN Polio adalah semua anak usia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi polio penting untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, terutama pada anak-anak.”pungkasnya

(pen1002hst).

- Advertisement -spot_img

Latest