Senin, Mei 20, 2024

Germas Dan Jambore Kader Posyandu Se-Kecamatan Lembah Melintang, Ketua TP PKK Pasbar Ajak Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Must read

Pasaman Barat,dutametro.com.-Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan Jambore Kader Posyandu se-Kecamatan Lembah Melintang, Selasa (24/10/2023) di Lapangan Rajawali Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang resmi dibuka oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pasaman Barat (Pasbar) Ny. Titi Hamsuardi didampingi Kadis Kesehatan Hajran Huda, pengurus TP-PKK Pasbar dan stakeholder terkait.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Puskesmas Ranah Salido dan Puskesmas Ujung Gading yang berkolaborasi dengan Wali Nagari Ujung Gading. Rangkaian kegiatan dimulai dengan jalan sehat dan senam bersama. Kegiatan juga diisi dengan perlombaan yel-yel Kader Posyandu, lomba senam kreasi kader, lomba cerdas cermat kader dengan 25 kompetensi kader, lomba tebak kata tentang Posyandu, serta fashion show baju kuruang basiba.

Dalam sambutannya, Ny. Titi Hamsuardi menghimbau para Kader Posyandu untuk mengajak masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Mari kita ajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat demi meningkatkan derajat kesehatan, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” himbau Ny. Titi Hamsuardi dihadapan puluhan Kader Posyandu se-Kecamatan Lembah Melintang.

Ny. Titi Hamsuardi menjelaskan bahwa Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Ia juga menjelaskan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yaitu dengan melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan serta menggunakan jamban.

“Jangan hanya ketika sakit baru berobat, tapi cegahlah sebelum terjadi. Cek kesehatan diri, keluarga hingga kesehatan masyarakat dengan datang ke Posyandu dan Puskesmas terdekat dengan membawa KTP,” himbau Ny. Titi Hamsuardi.

Ia menegaskan Pemda Pasbar memiliki program unggulan di bidang kesehatan yaitu berobat gratis yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk berobat, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sementara, Kadis Kesehatan Hajran Huda menyampaikan apresiasinya atas pencanangan kegiatan Germas itu. Karena menurutnya kegiatan tersebut merupakan bentuk sosialisasi yang dilakukan untuk mengingatkan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Ia juga mengatakan bahwa Germas ini biasa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, serta tidak membutuhkan biaya besar.

“Germas ini bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar, karena bisa dimulai dari hal-hal terkecil seperti melakukan aktifitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan, tidak merokok, tidak minum minuman berakhohol, serta rajin membersihkan lingkungan sekitarnya. Saat ini bermunculan penyakit-penyakit yang seharusnya bisa kita cegah dan bisa kita kontrol seperti penyakit hipertensi, stroke, tekan darah tinggi dan lainnya namun diabaikan. Padahal dengan dengan berolahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, masyarakat bisa sadar untuk menjaga kesehatan mulai lingkungan keluarga,” ucap Hajran Huda.

Selain itu, Pj Wali Nagari Ujung Gading Saripada menyampaikan bahwa Germas dan Jambore Kader Posyandu itu pertama kali dilaksanakan di daerah tersebut, yang diharapkan memberikan arti dan makna bagi masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Sehat lahir maupun sehat batin walaupun mungkin masih banyak masyarakat kita yang mengalami sakit dan segala macam. Juga masih banyak kita dengar anak-anak dan ibu-ibu hamil yang kurang gizi dan juga hal-hal yang lain. Namun kita berusaha untuk menuntaskan permasalahan ini melalui sosialisasi hidup sehat kepada masyarakat. Mari kita bekerja sama, berkolaborasi dan berkoordinasi agar persoalan kesehatan di masyarakat semakin lama semakin baik khususnya di Kecamatan Lembah Melintang,” himbaunya. (*)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article