Sabtu, April 20, 2024

Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH Hadiri Pelantikan PPS Pemilu 2024

Must read

Sawahlunto,dutametro.com.-Walikota Sawahlunto Deri Asta,SH sebagai kepala daerah menghadiri langsung pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Pemilu 2024 Kota Sawahlunto pada Selasa (24/1) dan sekaligus mereka diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek), di Aula Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Sungai Durian, Kota Sawahlunto.

Walikota (Wako) Sawahlunto mengingatkan, agar para PPS dapat melaksanakan amanah ini dengan menyelenggarakan pemungutan suara secara baik dan benar, sehingga tercipta salah satu tahapan demokrasi yang langsung umum bebas rahasia jujur dan adil (luber jurdil).

“Selamat kepada seluruh PPS, kita doakan bersama supaya diberikan kesehatan dan kekuatan untuk bisa melaksanakan tugas ini dengan optimal. Ada peran besar yang saudara-saudari jalankan dalam mengemban amanah ini, karena menjadi bagian dari penyelenggaraan Pemilu nanti,” ungkap Wako Sawahlunto Deri Asta.

Wako Deri Asta kembali mengingatkan bahwa, PPS adalah pelaksana teknis dan tidak berwenang dalam memutuskan kebijakan. Oleh sebab itu, diharapkan para PPS dapat memahami dengan baik berbagai regulasi yang ada.

Pemko Sawahlunto, sesuai peraturan perundang-undangan juga memiliki kewajiban untuk membantu dan memfasilitasi penyelenggaraan Pemilu.

“Landasan hukumnya adalah, UU Nomor 07 Tahun 2017 Tentang Pemilu. Dalam UU itu, menyampaikan bentuk fasilitas dari Pemerintah Daerah, seperti penyediaan sarana ruangan sekretariat PPK dan PPS, pelaksanaan sosialisasi peraturan Pemilu, pemantauan kelancaran penyelenggaraan Pemilu dan lain-lain,” ujar Walikota Sawahlunto Deri Asta menjelaskan.

Ketua KPU kota Sawahlunto Fadhlan Armey,S,Kom menyampaikan dari 423 orang yang mendaftar untuk menjadi PPS, Alhamdulillah setelah melalui berbagai tahapan seleksi maka yang diterima (lulus) tercatat sebanyak 111 orang yang mana masing-masing desa/kelurahan 3 orang PPS untuk 37 Desa dan Kelurahan se Kota Sawahlunto.
Dari data yang ada 111 orang PPS itulah yang kami Lantik pada hari ini, pungkas Fadhlan Armey.

Pelantikan dihadiri juga oleh Kepala Badan Kesbangpol, Kepala BKPSDM, Kepala Dinas Sosial, Ketua Bawaslu, Camat se Kota Sawahlunto, Kepala Desa dan Kelurahan se Kota Sawahlunto dan PPK se Kota Sawahlunto.

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article