Rabu, April 17, 2024

Kapolres Pasaman Barat Terjun Langsung Evakuasi ABK Kapal Bagan ROSE 01

Must read

Pasaman Barat,dutametro.com.-Kapolres Pasaman Barat Terjun Langsung Evakuasi ABK Kapal Bagan ROSE 01.Dua kapal bagan tenggelam diperairan pantai barat Sumatera Barat, KM KRT 07 tengelam di Air Bangis dan KM Rose 1 di laut Sikabau Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar akibat cuaca hujan dan badai.

Sebanyak enam orang korban penumpang kapal pemancing bagan Roses 01 yang hilang setelah karam dihantam badai di Pantai Sikabau perairan Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat pada Jumat (24/3) ditemukan selamat, Sabtu (25/3) siang.

“Korban semuanya sudah ditemukan dalam keadaan selamat di perairan Maligi Kecamatan Sasak Ranah Pasisia,” kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki usai turun langsung mencari korban di Simpang Empat, Sabtu.

Kapal Rose 1 tenggelam di karang baru gosong Sikerbau dengan jarak dari muara Air Bangis lebih kurang 4 Mil. Diperkirakan kapal mengalami rusak pompa penghisap air dan sampai saat ini Kapal Tenggelam belum dapat ditemukan.

Kapal bagan yang tenggelam itu memiliki panjang 12 meter, warna kapal merah dan biru. Informasi awal kapal dihantam badai yang cukup kencang pada Jumat (24/3) di perairan Air Bangis.

“Alhamdulilah, 12 orang ABK Kapal Rose 01 sudah ditemukan selamat terapung apung dilautan dengan bantuan tutup fiber, sehingga korban bisa terapung hingga ditemukan petugas dan masyarakat yang mencari sejak Sabtu dini hari,” jelas Agung.

Ia mengatakan kondisi keenam korban, yakni Mak Iye (58), Rudi (45), Fildi (17), Afif (18), Akak (36), dan Aan (22) ditemukan dalam kondisi terapung di laut dan kelelahan.

“Melihat kondisi mereka masyarakat bersama tim langsung menyelamatkan korban,” katanya.

Menurutnya, kapal Rose 01 tenggelam dihantam badai di Pantai Sikabau perairan Air Bangis Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengakibatkan 12 orang tenggelam dan 6 lagi ditemukan selamat.

Ia mengatakan enam orang yang selamat itu adalah Alan (40), Arif (17), Asdar (23), Yarif (24), Andre (17) dan Ibnu (18).

Sedangkan enam orang sempat hilang dan ditemukan selamat kondisi lemas di perairan Maligi Sabtu (25/3) siang.

Ia menyebutkan peristiwa tenggelamnya kapal itu berawal pada Jumat (24/3) sekitar pukul 22.00 WIB diperoleh informasi terjadi kapal tenggelam di Pantai Sikabau Perairan Air Bangis Pasaman Barat.

Mendapat informasi itu tim gabungan dari SAR, Polri, BPBD, TNI dan masyarakat langsung melakukan pencarian.

Tiga kapal cepat milik masyarakat bergerak ke lokasi, satu bagan, satu perahu karet TNI AL juga bergerak ke lokasi.

Kemudian, satu perahu karet Basarnas, satu RIB Polres, satu perahu karet POS AL, dan kapal nelayan melakukan pencarian.

Sementara KM KRT 07 yang tenggelam di Air Bangis dengan membawa 6 orang sudah ditemukan selamat, yaitu Ilman Elvis (43 Thn) Nahkoda kapal, ARY (33 Thn), Adit (20 Thn ), Ukhlis (25 Thn), Andres (28 Thn, Edi ( 24 Thn)

“Tkp nya di perairan taluk dalam air bangis dengan jarak lebih kurang dari muara Air bangis 2,6 Mil kapal dilihat oleh nalayan sudah oleng karena cadik depan patah dihantam hujan dan badai. Enam orang ABK kapal selamat” ungkap kapolres Pasbar.

Diketahui KM KRT 07 mengalami kerusakan bodi dan mesin kapal dikarenakan cuaca hujan dan badai di seputaran perairan Air bangis, Pasaman Barat, dan sampai saat Ini KM KRT sudah Berada di Dermaga Air Bangis.

Kapolres Pasbar AKBP. Agung Basuki S.I.K. menghimbau kepada nelayan dan masyarakat yang beraktifitas transportasi di laut agar berhati hati dengan kondisi cuaca ektrem saat ini musim hujan dan badai.

“Kita himbau kepada nelayan agar memeriksa kelayakan kapal sebelum berlayar. Lengkapi dengan alat keselamatan di laut seperti pelampung dan kapal sekoci. Pentingnya lagi perhatikan cuaca dan angin sebelum berlayar dan Lengkapi Kapal dengan Alat EPIRB ( Emergency Potition Indicating Radio Beacon )” kata Agung Basuki mengakhiri.

( Dolop)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article