Jumat, April 12, 2024

Wagub Sumbar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Kabupaten Solok

Must read

Kab.Solok, Dutametro.com-Wagub Sumbar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Bandang Kabupaten Solok.Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meninjau lokasi yang terdampak banjir bandang pada selasa sore kemaren (21/3), tepatnya di Jorong Dalam Koto, Nagari Surian, Kec. Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Jumat (24/3/2023).

Dalam peninjauan tersebut, Wagub Audy menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada para korban bencana berupa sembako, pakaian dan selimut.

Setelah meninjau lansung, kondisi pemukiman masyarakat setelah bencana. Wagub menilai dampak yang ditimbulkan memang cukup parah, setidaknya ada 4 buah rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Setelah kita cek, dampaknya memang cukup parah, ada 4 rumah yang kondisinya memprihatinkan. Tapi kita masih bersyukur, kejadian kemaren tidak menimbulkan korban jiwa,”ujar Audy.

Wagub beserta rombongan, berkeliling untuk melihat beberapa titik bekas terjangan banjir bandang. Ia juga melihat lokasi pengungsian dan sempat berdiskusi dengan para pengungsi terkait apa yang menjadi kebutuhan mereka saat ini.

Pada akhir peninjauan, Wagub berpesan kepada Pemerintah Kabupaten Solok, melalui Wakil Bupati Jon Firman Pandu agar Pemkab. Solok segera menetapkan status tanggap darurat bencana kabupaten dan mendata kerugian akibat bencana tersebut untuk selanjutnya dikirimkan ke Provinsi sebagai bahan tindak lanjut.

“Pemkab. Solok, Harus segera menyiapkan status tanggap darurat bencana dan mendata kerugian masyarakat untuk dikirimkan kepada Provinsi sebagai dasar tindak lanjut. Kita akan upayakan agar warga yang terdampak dapat terbantu secara maksimal,”tegas Audy.

Sementara itu, salah seorang warga yang terdampak banjir, atas nama Rusdi menceritakan kronologis banjir bandang pada Selasa (21/3) sore kemaren, Ia menyebut saat itu dirinya hendak menunaikan sholat ashar, tiba-tiba terdengar suara air deras dari arah belakang rumahnya, tidak selang berapa lama air bah telah menghantam kediamannya.

Sungguhpun demikian, Ia mengaku masih bersyukur, karena Ia beserta seluruh keluarganya masih bisa selamat dalam kejadian tersebut.

“Kejadiannya begitu cepat, menjelang sholat asyar Saya mendengar suara air deras, tidak berapa lama setelah itu, banjir bandang lansung menghamtam rumah kami. Alhamdulillah Saya dan keluarga masih bisa selamat,”kenang Rusdi.

Akibat banjir bandang tersebut, saat ini dinding rumah Rusdi bolong dan rumah yang biasa ia tinggali bersama keluarga tersebut, saat ini kondisinya sudah tidak layak untuk ditempati.

“Saat ini rumah Saya sudah tidak bisa ditempati, kami sekeluarga berharap Pemerintah bisa membantu untuk membangunkan kembali kami rumah,” harap Rusdi.

Pada kunjungan tersebut, Wagub didampingi oleh beberapa Kepala OPD Provinsi antara lain, Kepala BPBD, Dinsos, dan Dinas kesehatan serta Wakil Bupati Kab. Solok, Jon Firman Pandu. (adpsb)

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article