Jumat, Juli 19, 2024

Tingkat Kegemaran Membaca ( TGM) Dan Jumlah Kunjungan Warga Pulang Pisau Ke Perpustakaan Terus Meningkat

More articles

PULANG PISAU,dutametro.com.-Tingkat Kegemaran Membaca ( TGM) Dan Jumlah Kunjungan Warga Pulang Pisau Ke Perpustakaan Terus Meningkat.Dinas Perpustakaan dan Kearsipan( DPK) Kabupaten Pulang Pisau terus berupaya meningkatkan kinerjanya dalam mewujudkan kabupaten pulang pisau yang maju dan memiliki generasi muda yang multi talenta dalam semua aspek sosial kemasyarakatan, salah satunya dengan meningkatkan kegemaran membaca bagi warga masyarakat.

Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan gemar membaca merupakan kebiasaan positif yang perlu di tingkatkan dan di upayakan sejak dini.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( DKP) Kabupaten Pulang Pisau drg.Sopiyah Kepada Media ini , 25/04/2024 menyampaikan bahwa tingkat kegemaran membaca ( TGM ) Masyarakat kabupaten pulang pisau di tahun 2023 mengalami kenaikan hingga mencapai angka 63,14 naik dari tahun 2022 yang hanya mencapai angka 43,00.

” Selain itu tingkat kegemaran membaca, jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan juga mengalami kenaikan yang mana pada tahun 2022 berjumlah 6.916 orang dan di tahun 2023 naik menjadi 7.189 orang” ungkapnya.

Selanjutnya Drg.Sopiyah menambahkan bahwa upaya pihaknya dalam meningkatkan kegemaran membaca berpedoman dan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional Tahun 2020-2024. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Rencana Strategis Perpustakaan Nasional RI Tahun 2020 – 2024.
Maka pemerintah daerah perlu melakukan Pengukuran Indikator Kinerja Kunci (IKK) Urusan Pemerintahan Bidang Perpustakaan, yang salah satunya yaitu : Nilai Tingkat Kegemaran Membaca (TGM).

Ia menambahkan terkait upaya dinas Perpustakaan dan Kearsipan
( DKP)dalam meningkatkan indek atau angka kegemaran membaca masyarakat antara lain dengan melakukan Pembinaan perpustakaan desa dan sekolah,menjalin kerjasama dengan kegiatan silang layan ke instansi dan sekolah- sekolah atau organisasi.

” selain itu kami juga membuat kegiatan wisata literasi bagi anak TK/ Paud dan SD/ MI , kegiatan kursus komputer gratis, kelas bahasa inggris bagi pemula untuk anak SD/ MI, perpustakaan keliling, lomba baca pusi, pemilihan duta baca pelajar, dan perpustakaan digital / e-booknya ” tukasnya.( R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisement -spot_img

Latest