Jumat, Februari 23, 2024

Meriah, Bupati Sabar AS Buka Lawnas Pasaman 2023

Must read

Lubuk Sikaping, Dutametro.com – Meriah, Bupati Sabar AS Buka Lawnas Pasaman 2023.Ribuan warga Bonjol dan masyarakat dari berbagai wilayah padati halaman museum tuanku Imam Bonjol guna menyaksikan Pembukaan Lomba Lintas Alam Wisata Nasional (LAWNas) tahun 2023 di Taman Wisata Equator, Bonjol minggu malam (24/12/2023).

Dikesempatan tersebut, Bupati Pasaman Sabar AS secara resmi membuka kegiatan lomba Lintas Alam Wisata Nasional (Lawnas) Pasaman 2023.

Ditandai dengan pemukulan gandang tasa oleh Bupati Sabar, kegiatan itu tampak dihadiri oleh sejumlah unsur Forkopimda, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemkab Pasaman, tokoh masyarakat dan lainnya.

Lawnas Pasaman 2023 yang dibuka Bupati Sabar itu menandai dimulainya serangkaian kegiatan seperti ekspo bazar ekraf dan UMKM, penampilan kesenian tradisional dan lomba lintas alam itu sendiri.

Bupati Sabar dalam sambutannya mengatakan Pemkab Pasaman di bawah pimpinannya komit menjadikan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata, yang membutuhkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. “Kita komit jadikan Pasaman tujuan wisata.” tegasnya.

Menurut Bupati Sabar, kegiatan yang dibuka malam itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari berbagai pihak dalam mewujudkan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata tersebut.

“Oleh sebab itu, saya atas nama pribadi maupun atas nama Bupati Pasaman mengucapkan terima kasih atas pengorbanan dan dedikasi seluruh pihak yang terlibat atas pelaksanaan kegiatan ini,” tambah Sabar.

Bupati Pasaman sekaligus tokoh pariwisata itu mengatakan bahwa kegiatan itu adalah iven bergengsi, makanya perlu dijadikan kegiatan tahunan di setiap akhir tahun.

“Ini merupakan iven bergengsi dan kita jadikan kalender tahunan dan didaftarkan ke dalam Karisma Event Nusantara (KEN),” tegasnya.

Sabar AS menghimbau kepada seluruh masyarakat Pasaman terutama masyarakat Bonjol untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik.

“Bonjol jadilah tuan rumah yang baik, mari tunjukkan Sapta pesona dengan baik, sehingga tamu-tamu akan memiliki kenangan yang baik di Pasaman,” imbaunya.

Dengan demikian, menurut Sabar, mereka akan datang kembali dan mempromosikan pariwisata Pasaman karena pariwisata itu butuh atraksi, salah satunya seperti Lawnas Pasaman 2023 ini.

Menurut Sabar, dengan memajukan pariwisata akan meningkatkan perekonomian masyarakat. “Dengan banyaknya potensi wisata Pasaman tinggal kita bersama harus punya komitmen dalam mengeksekusinya agar semua potensi ini bisa dikembangkan,” ungkapnya.

“Begitu juga kepada pelaku UMKM dan ekraf mari gunakan iven ini untuk mempromosikan produk dan meningkatkan relasi serta transaksi, sehingga mampu meningkatkan pendapatan,” sambungnya.

Ketua Panitia Lawnas Pasaman 2023 Ir. Rosben Aguswar mengatakan bahwa sudah mendaftar sebanyak 50 tim untuk mengikuti kegiatan berskala nasional tersebut. “Dari Makasar sudah berangkat, termasuk dari Kalimantan, Jawa dan Sumatera,” bebernya.

Sementara di bazar ekspo Lawnas Pasaman 2023, menurut Rosben, sudah enam puluh lapak yang mengisi. “Ada yang berasal dari Bukittinggi, Batusangkar dan Pasaman Barat,” terang Rosben.

Sedangkan untuk penampilan, dikatakan Rosben, ada sepuluh kelompok kesenian yang akan tampil.

Ketua LKAAM Pasaman, Khairul Dt. Bagindo Kali mengaku bangga dengan iven itu karena akan lebih mudah mewujudkan Pasaman sebagai daerah tujuan wisata. “Kami mendukung bupati secara penuh dalam pengembangan wisata Pasaman,” ungkapnya. Adv

More articles

IklanIklanIklan HuT RI

Latest article